Ternyata Ijab Kabul Tidak Perlu Berjabat Tangan

Posted on

 

Ijab kabul melibatkan 4 orang laki-laki dan tidak membutuhkan kehadiran wanita, termasuk pengantin wanita. Keempat orang itu adalah wali, pengantin laki-laki dan dua orang saksi. Wali mengucapkan ijab dan pengantin laki-laki mengucapkan kabul.

Sedangkan kedua orang laki-laki yang menjadi saksi dibutuhkan kehadirannya saat ijab kabul itu terjadi, sebagai syarat sahnya akad nikah itu.

Ada pun pengantin perempuan, tidak harus berada di dalam majelis akad nikah itu. Sehingga bukan termasuk syarat sah dari akad nikah dan ijab kabul.

Selain itu, haruskah ijab kabul dengan saling bersalaman? Pemandangan yang sering kita lihat di sinetron dan kemudian seolah-olah menjadi suatu keharusan.

Karena dibiasakan adalah bersalaman antara wali dan penganti laki-laki. Padahal ijab kabul tidak mensyaratkan jabat tangan itu. Juga tidak diharuskan untuk menggoyangkan jabat tangan itu.

Entah siapakah yang memulai adegan ini, yang jelas masyarakat seolah-olah diajarkan bahwa ijab kabul itu harus dengan berjabat tangan.

Memang kalau dilihat dari lensa kamera, adegan jabat tangan ini agak terlihat punya unsur dramatis. Tetapi ijab kabul tidak membutuhkan drama yang dibuat-buat.

Oleh: Ust. Ahmad Sarwat, Lc., MA

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *