SHARE

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol. Termasuk dengan olahraga teratur dan pola makan sehat. Disamping itu, untuk membantu mengendalikan kadar kolesterol Anda pun bisa mengonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Dan itulah salah satu manfaat buah alpukat.

Selama ini banyak orang beranggapan, konsumsi alpukat akan meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh. Namun kenyataannya, kandungan lemak buah ini adalah lemak nabati yang baik bagi tubuh.

Selain lemak nabati, sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of The American Heart Association mengungkapkan bahwa konsumsi buah ini setiap harinya akan menurunkan kolesterol Anda secara signifikan.

Makan sebuah alpukat sehari bisa membantu menyingkirkan kolesterol jahat. Kolesterol adalah sejenis lemak yang dibuat oleh tubuh yang penting agar tubuh berfungsi normal. Tapi jika berlebihan, biasanya didapat dari kolesterol yang berasal dari makanan, hal ini bisa memicu penyakit jantung dan stroke.

Alpukat adalah sumber dari lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Buah alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serat, senyawa penghambat penyerapan kolesterol (pitosterol), serta antioksidan yang dapat turut mencegah penyakit jantung (polifenol).

Bukti Penelitian Manfaat Buah Alpukat untuk Menurunkan Kolesterol

Para peneliti memantau kondisi kesehatan dari 45 pria dan wanita yang sehat, kelebihan berat badan, dan yang obesitas berusia antara 21-70 tahun. Mereka dikelompokkan berdasarkan 3 jenis diet menurunkan kolesterol yang berbeda:

  • Diet rendah lemak tanpa alpukat
  • Diet lemak sedang tanpa alpukat
  • Diet lemak sedang dengan satu buah alpukat per hari

Bagaimana dengan hasilnya? Partisipan yang berdiet lemak sedang dan makan alpukat setiap hari memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah daripada partisipan yang berdiet lemak sedang tanpa makan alpukat. Kadar LDL mereka berkurang 13.5 poin setelah berdiet dan rutin makan alpukat. Sedangkan mereka yang berdiet lemak sedang tanpa alpukat berkurang 8.3 poin dan yang berdiet rendah lemak tanpa alpukat berkurang 7.4 poin.

Penelitian lain yang berbeda juga mempelajari manfaat buah alpukat untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Hasil penelitian tersebut mendapati bahwa alpukat dapat secara signifikan menurunkan kadar trigliserida sebesar 20%, kadar kolesterol “jahat” LDL sebesar 22%, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol “baik” HDL sebesar 11%.

Sekitar 77 persen kalori dalam alpukat asalnya dari lemak—membuatnya jadi salah satu buah dengan kandungan lemak terbanyak. Sebagian besar lemak ini merupakan asam oleat, yakni asam lemak tak jenuh tunggal yang juga terdapat dalam minyak zaitun.

Berbagai penelitian lain pun sudah menunjukkan manfaat buah alpukat untuk membantu mencegah stroke, kanker, penyakit jantung koroner, dan membantu mengendalikan diabetes. Meskipun manfaatnya banyak, tapi alpukat tetap harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

Sebuah alpukat rata-rata memiliki 200-300 kalori—ini jumlah kalori yang cukup besar untuk ukuran buah-buahan. Terlalu banyak makan alpukat justru bisa membuat Anda cepat gemuk.

Jika Anda berniat menurunkan kolesterol tinggi, tidak ada salahnya untuk mencoba rutin makan alpukat. Tapi ada baiknya untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter mengenai takaran mengonsumsi alpukat yang aman bagi Anda.

Sumber

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here