Tagihan Listrik Sering Jebolkan Dompetmu, Coba Cara Jitu ini Ampuh Turunkan Tagihan Listrik

Posted on

Listrik merupakan salah satu kebutuhan penting untuk umat manusia di zaman sekarang. Setiap hari banyak peralatan dan kebutuhan aktivitas kita yang menggunakan daya listrik untuk dapat bekerja. Misalnya laptop, mesin cuci, tv, smartphone dan alat-alat lain yang berguna untuk memudahkan segala pekerjaan kita.

Manfaat yang paling kita rasakan dari listrik adalah dapat menyalakan lampu, tanpa penerangan kita akan hidup dalam gelap setiap malamnya. Semua aktivitas di malam hari menjadi terbatas bahkan tidak bisa dilakukan, itulah mengapa kita harus bersyukur sudah mendapat aliran listrik.

Meski begitu, kita juga tidak boleh boros menggunakan listrik. Bijak dalam menggunakann benda-benda elektronik dapat membuat pengeluaran listrik lebih rendah serta memberikan kesempatan kepada orang-orang yang tempat tinggalnya belum terjangkau listrik.

Nah untuk menghemat pemakaian listrik harian kamu, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Listrik token

Metode pembayaran listrik menggunakan token memang tergolong baru di Indonesia. Meski untuk beberapa orang cukup merugikan, namun ternyata metode ini juga bisa membuat kamu lebih cermat menggunakan barang elektronik.

Dengan menggunakan listrik token ini, kamu bisa meninjau kembali peralatan eletronik apa yang bsia dikurangi penggunaanya untuk menurunkan pengeluaran. Selain itu pembayarannya cukup mudah karena memiliki prinsip kerja layaknya pulsa handphone.

2. Lepas stop kontak yang tidak digunakan

Stop kontak yang secara terus menurus tertancap akan mengalirkan daya listrik dan akhirnya terbuang. Biasanya kasus ini sering terjadi untuk charger ponsel, karena malas melepas dan dianggap aman jadi terus menancap.

Padahal dengan begini listrik akan terus mengalir sia-sia, jadi biasakan untuk melepas charger atau benda elektronik lainnya jika tidak digunakan untuk mengurangi pemborosan listrik.

3. Gunakan lampu LED

Saat ini teknologi lampu juga semakin maju untuk meningkatkan efisiensi penggunaan listrik. Lampu berjenis LED menggunakan daya listrik yang relatif kecil namun memiliki cahaya yang tidak kalah terang. Selain itu lampu LED juga tergolong lebih awet, meskipun harganya sedikit lebih mahal dari lampu fluorescent atau lampu pijar.

Selain itu Kamu juga bisa memaksimalkan bukaan rumah seperti jendela dan angin-angin untuk menerangi ruangan rumah disiang hari menggunakan cahaya matahari, jadi disiang hari kamu tidak perlu menyalakan lampu.

4. Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan

Bagi kamu yang menggunakan pendingin ruangan atau AC di rumah, pilihlah yang memiliki teknologi hemat daya dan mampu menyesuaikan suhu dengan ruangan. Selain itu saat menyesuaikan suhu AC, perhatikan besar ruangan dan jumlah orang yang berada di dalam ruangan agar konsumsi listrik AC menjadi lebih efisien.

Rata-rata produsen AC saat ini sudah membekali AC nya dengan teknologi hemat daya serta ramah lingkungan, jadi kamu tidak akan terlalu pusing saat memilihnya.

5. Gunakan mesin cuci secara efisien

Mesin cuci sudah menjadi alat elektonik wajib untuk sebagian rumah. Mesin ini akan memudahkan aktivitas mencuci pakaian sehari-hari, terlebih saat ini sudah ada mesin cuci otomatis yang jauh lebih simpel penggunaannya. Namun untuk tujuang menghemat daya, gunakan mesin cuci hanya untuk mencuci pakaian yang cukup banyak.

Jika Anda hanya mencuci dua sampai tiga lembar pakaian saja, lebih baik mencucinya dengan cara manual saja.

6. Jangan buka tutup kulkas terlalu sering

Jangan juga terlalu sering membuka dan menutup lemari es, ataupun membuka lemari es terlalu lama.

Setiap lemari es dibuka, lemari es membutuhkan waktu cukup lama untuk mengembalikan suhu dalam lemari es seperti semula.

Proses seperti ini tentulah membutuhkan daya listrik yang sangat besar.

Untuk membantu proses pendinginan kulkas, kamu bisa memindahkan barang yang awalnya ditaruh di freezer ke tempat biasa.

Untuk menghemat daya listrik penggunaan lemari es, jangan memasukkan makanan atau minuman panas.

Makanan panas akan meningkatkan suhu di dalam lemari es sehingga membutuhkan waktu untuk mengembalikan ke suhu semua.

Selain itu, isi lemari es sesuai kapasitas dan sisakan rongga. Penyimpanan berlebih akan menutup jalur aliran udara dingin yang kemudian mengganggu sirkulasi udara.

Pada akhirnya, lemari es akan bekerja lebih ekstra untuk mencapai suhu yang telah diatur.

Membersihkan kulkas secara teratur juga bermanfaat untuk menghemat penggunaan listrik.

Perhatikan juga barang-barang yang disimpan di kulkas agar bisa membuat penggunaan lemari es menjadi lebih efektif.

Pisang, mangga dan buah tropis lainnya tidak boleh ditaruh di dalam lemari es.

Jangan taruh apel di dekat sayuran, karena dapat membuat sayur cepat busuk.

Jauhkan bawang dan jahe dari telur, karena telur akan menjadi cepat busuk bila dekat-dekat dengan kedua barang ini.

Lemari es adalah salah satu alat rumah tangga yang bekerja selama 24 jam, sehingga memakan daya listrik paling banyak dibanding dengan alat rumah tangga elektronik lainnya.

Namun, asalkan tahu bagaimana cara menggunakan kulkas dengan baik, selain bisa memperpanjang masa pemakaian, kamu juga bisa mengurangi konsumsi listrik dan menghemat tagihan listrik rumah tangga.

Silahkan dishare, Semoga bermanfaat.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *