Subhanallah, Tanda-tanda Kekuasaan Allah, Muncul Penampakan Matahari Bercincin Hari ini Jum’at 3 Nopember 2017

Posted on

Sebuah video memperlihatkan fenomena alam yang menunjukkan tanda-tanda kekuasaan Allah.

Baru-baru ini terlihat penampakan matahari yang dikelilingi cincin pelangi membuat takjub warga di sekitar Pasar Paringin, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Video itu diambil dari kamera ponsel seorang netizen.

Dalam video singkat yang diunggah oleh pemilik akun facebook @siksakuburnyata pada Jumat (3/11/2017) terlihat kilauan sinar matahari yang di sekelilingnya diitari oleh pelangi berbentuk cincin. Informasi menyebutkan jika fenomena alam ini terjadi siang tadi sekira pukul 11.22 Wita.

Dikutip dari laman Wikipedia, fenomena matahari bercincin pelangi ini biasa disebut ‘halo’. Yakni fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari dan bulan, dan kadang-kadang pada sumber cahaya lain seperti lampu penerangan jalan.

Ada berbagai macam fenomena halo, namun umumnya halo muncul disebabkan oleh kristal es pada awan cirrus yang dingin yang berada 5–10 km atau 3–6 mil di lapisan atas troposfer. Fenomena ini bergantung pada bentuk dan arah kristal es.

Cahaya matahari direfleksikan dan dibiaskan oleh permukaan es yang berbentuk batang atau prisma sehingga sinar matahari menjadi terpecah ke dalam beberapa warna karena efek dispersi udara dan dipantulkan ke arah tertentu, sama seperti pada pelangi.

Berikut tayangan videonya:

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *