SHARE

Daun pandan menjadi satu tanaman yang tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Daun pandan cukup mudah untuk ditemui. Banyak orang yang bisa menanam tanaman ini di rumahnya.

Daun pandan memiliki aroma yang harum, tak jarang daun ini digunakan sebagai pengharum makanan agar makanan lebih terasa enak dan lezat untuk dimakan. Tidak hanya itu, daun pandan juga sering dijadikan pewarna dan penambah rasa untuk makanan. Namun, kenyataannya daun pandan tidak hanya bermafaat sebagai pelengkap masakan Anda, tapi juga untuk kesehatan.

Daun pandan mengandung tanin, glikosida dan alkaloid, yang membuat manfaat daun pandan untuk kesehatan begitu sayang jika dilewatkan. Selengkapnya, simak informasi berikut ini.

Manfaat daun pandan untuk kesehatan

1. Membantu menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Pharmacognosy Magazine membuktikan bahwa ekstrak daun pandan mampu mengurangi gula darah postprandial (pemeriksaan gula darah tanpa puasa terlebih dahulu).

Ekstrak daun pandan juga mampu mendorong produksi insulin pada sel-sel pankreas. Secara umum, daun pandan memiliki potensi sebagai sumber alami antihiperglikemik.

2. Mengatasi kanker

Menurut penelitian yang dilakukan tahun 2014, ekstrak akar dan daun pandan memiliki efek sitotoksik, antimitotik, antiproliferatif dan apoptosis. Semua efek ini baik untuk mencegah atau menghentikan pertumbuhan kanker.

Karena itu, pandan memang memiliki potensi untuk digunakan dalam terapi kanker, seperti yang telah digunakan sebelumnya dalam waktu yang lama secara tradisional.

3. Menetralkan racun

Tidak hanya air kelapa hijau yang mampu menghilangkan atau menetralkan racun, tapi teh daun pandan juga bisa. Daun pandan sangat efektif untuk detoksifikasi tubuh, terutama organ hati.

Tak hanya menetralkan, tapi daun ini juga membantu melepaskan racun dan kotoran dari tubuh. Daun pandan memiliki manfaat sebagai pencahar ringan dan benar-benar aman, serta bisa dianjurkan juga untuk anak-anak.

4. Mengatasi rematik

Rematik atau rheumatoid arthritis adalah penyakit yang menyebabkan radang, dan kemudian mengakibatkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan autoimun.

Yang paling sering terkena yaitu tangan, pergelangan tangan, kaki dan lutut. Yang lebih jarang terkena yaitu bagian tubuh lain, seperti paru-paru, mata, jantung, pembuluh darah, kulit dan saraf.

Beberapa orang menggunakan daun pandan untuk mengatasi rematik. Caranya dengan merebus daun pandan segar dengan minyak kelapa, diaduk hingga merata. Setelah dingin, gunakan olahan daun pandan ini sebagai obat gosok untuk dioles pada bagian yang rematik.

6. Meredakan rasa nyeri

Daun pandan mengandung sifat analgetik yang bisa bertindak sebagai pereda nyeri dari sakit kepala, nyeri dada, dan arthritis.

Untuk menggunakan daun pandan sebagai pereda nyeri, Anda bisa minum teh pandan dua kali sehari. Daun pandan juga memiliki kemampuan untuk mengurangi keram perut.

7. Menghilangkan ketombe dan rambut rontok

Jangan salah, rambut juga bisa meraup manfaat daun pandan. Ketombe adalah kondisi kulit kepala kronis yang umum terjadi, menyebabkan serpihan kulit mati pada kulit kepala dan dapat beragam dari ringan sampai parah. Ketombe membuat kepala menjadi gatal dan bisa merusak kesehatan rambut.

Rambut rontok adalah kondisi meluruhnya rambut dari kulit kepala atau area lain di tubuh Anda. Rambut rontok dapat merupakan hasil dari faktor keturunan, perubahan hormon, kondisi medis, atau obat-obatan. Rambut rontok dapat terjadi dengan berbagai cara berbeda, tergantung dari apa yang menyebabkannya. Rambut rontok dapat terjadi secara mendadak atau bertahap, dan memengaruhi hanya kulit kepala atau seluruh tubuh Anda.

Kondisi ini bisa diobati salah satunya dengan menggunakan daun pandan. Cara pemakaiannya dengan menjadikan daun pandan untuk masker rambut. Tumbuk halus daun pandan lalu tambahkan air, aduk hingga rata.

Oleskan pada rambut dan pijat kulit kepala dengan lembut. Diamkan beberapa menit dan cuci rambut hingga bersih.

Sumber

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here