Subhanallah! Sering Disepelekan, Padahal “Cocor Bebek” Menyimpan 20 Khasiat Dahsyat! No 13 Bisa Bikin Stressmu Hilang

Posted on

Cocor bebek atau juga dikenal dengan nama suru bebek merupakan tumbuhan sukulen atau mengandung air yang berasal dari Madagaskar. Tanaman cocor bebek ini biasanya digunakan sebagai tanaman hias dan juga tumbuh liar di sekitar kebun, parit atau tanah yang berbatu.

Tanaman yang berkembang biak dengan tunas daun ini memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit dan juga kesehatan tubuh. Berikut ini ulasan khasiat cocor bebek selengkapnya.

  1. Menyembuhkan Sakit Kepala

Daun cocor bebek yang bisa di konsumsi langsung atau diolah menjadi masakan ini memiliki banyak kandungan mineral serta vitamin seperti magnesium, asam citric, kalsium, gula alami, asam fomiat dan juga asam malat serta kadar air tinggi sehingga sangat baik untuk menyembuhkan sakit kepala.

2. Melancarkan Buang Air Besar

Sulit buang air besar bisa terjadi karena kurangnya asupan serat di dalam tubuh. Kandungan serat tinggi dalam daun cocor bebek ini bisa anda gunakan untuk memperlancar buang air besar secara alami.

Caranya, jemur beberapa lembar daun cocor bebek sampai kering lalu haluskan sampai berbentuk bubuk. Seduh bubuk daun cocor bebek ini dengan segelas air hangat lalu tambahkan dengan madu dan minum secara rutin sampai buang air besar bisa kembali lancar.

3. Mengatasi Nyeri Lambung

Masalah yang terjadi di dalam sistem pencernaan bisa menimbulkan rasa nyeri di area lambung dan ini disebabkan karena pola makan yang salah. Daun cocor bebek bisa digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi rasa nyeri pada lambung. Campur beberapa lembar daun cocor bebek dengan air matang lalu blender sampai halus. Saring air tersebut dan minum dengan tambahan sedikit garam serta madu.

4. Sebagai Antiseptik Luka

Dalam daun cocor bebek memiliki sifat anti inflamasi yang bisa menghentikan pendarahan pada luka ringan. Air cocor bebek bisa dijadikan sebagai sterilisasi luka terbuka pada permukaan kulit.

Cuci beberapa lembar daun cocor bebek lalu haluskan sampai menjadi pasta dan tambahkan sedikit air matang. Balurkan pasta tersebut pada luka dan diamkan beberapa jam supaya bakteri dan juga kuman yang menempel pada luka bisa hilang dan penyembuhan bisa lebih cepat.

5. Mengatasi Muntah Darah

Muntah darah menjadi salah satu penyakit berbahaya yang harus segera mendapatkan penanganan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan daun cocor bebek yang bisa mengurangi frekuensi muntah darah.

Haluskan beberapa lembar daun cocor bebek lalu rebus dan tambahkan gula merah secukupnya dan di konsumsi sampai habis hingga muntah darah bisa dikurangi atau sembuh total.

6. Mengatasi Gejala Asma

Saat asma sedang kambuh, maka akan membuat penderita mengalami sesak nafas serta timbulnya rasa nyeri pada area dada.

Untuk mengatasi gejala asma ini caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun cocor bebek sampai lunak lalu minum air rebusan tersebut sampai habis dan secara rutin.

7. Mengatasi Jerawat Kemerahan

Daun cocor bebek ini yang memiliki sifat anti inflamasi serta mengandung citric acid bisa digunakan untuk mengatasi warna kemerahan yang terjadi karena jerawat meradang.

Untuk mengatasi masalah kulit ini, haluskan beberapa lembar daun cocor bebek dan campur dengan air mawar lalu aplikasikan pada area kulit yang mengalami radang jerawat tersebut.

8. Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain mengatasi warna kemerahan pada jerawat, daun cocor bebek juga berkhasiat untuk menhilangkan noda hitam bekas jerawat. Kandungan vitamin dan juga zat penting didalamnya sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat dalam waktu yang cukup cepat.

Haluskan daun cocor bebek lalu tambahkan dengan sedikit air dan aplikasikan pada permukaan kulit tempat noda jerawat dan diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

9. Mengatasi Demam

Air rebusan cocor bebek juga bisa digunakan untuk menurunkan panas atau demam pada tubuh. Minum air rebusan cocor bebek yang masih hangat sampai demam bisa reda. Minum air rebusan ini secara rutin setidaknya 1 kali sehari agar demam yang di derita bisa turun dengan cepat.

10. Menguatkan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Kandungan magnesium serta kalsium yang ada di dalam daun bebek sangat penting untuk menyehatkan sekaligus menguatkan tulang sehingga otomatis akan mencegah dari osteoporosis pada orang tua.

Cara penggunaannya adalah dengan mengkonsumsi daun cocor bebek secara langsung sebagai lalapan atau tumis dan juga bisa minum jus sari daun cocor bebek secara teratur agar kebutuhan kalsium serta magnesium bisa terpenuhi.

11. Sebagai Menu Diet

Untuk anda yang sedang menjalani program diet, daun cocor bebek ini bisa di konsumsi karena mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, karbohidrat dan lemak yang akan membuat tubuh anda tetap dalam keadaan bugar meskipun sedang menjalani program diet.

12. Menangkal Radikal Bebas

Berbagai radikal bebas khususnya yang berasal dari polusi asap kendaraan serta paparan sinar matahari akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Selain itu, tubuh juga akan semakin rentan dengan resiko penyakit kanker.

Untuk menangkal radikal bebas berbahaya ini, konsumsi daun cocor bebek secara rutin setiap hari untuk mencegah dampak buruk dari radikal bebas tersebut.

13. Mengurangi Kadar Stress

Stress dalam kadar tinggi akan membuat seseorang jadi lebih mudah marah yang terjadi karena padatnya aktivitas sehari-hari atau berbagai masalah lainnya.

Untuk mengurangi tingkat stress berlebih ini, anda bisa mengkonsumsi daun cocor bebek yang mengandung magnesium sehingga membantu otot agar lebih mudah rileks serta regulasi jantung bisa semakin lancar.

14. Mengurangi Bengkak Amandel

Kelenjar tonsillitis atau lebih dikenal dengan nama amandel bengkak akan menimbulkan rasa tidak nyaman terutama saat sedang menelan makanan.

Selain itu, amandel bengkak juga akan menimbulkan berbagai gejala lain seperti panas dingin, sakit kepala dan juga demam. Untuk mengurangi bengkak pada amandel bisa mengkonsumsi sari daun cocor bebek yang sudah dihaluskan secara rutin sampai bengkak amandel tersebut bisa mengecil.

15. Mengatasi Radang Telinga Luar

Radang telinga bagian luar adalah keadaan dimana saluran telinga yang menghubungkan gendang telinga mengalami infeksi atau radang. Keadaan ini akan menimbulkan rasa sakit, gatal dan keluar cairan berwarna coklat atau kekuningan.

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa mengkonsumsi daun serta bunga dari cocor bebek yang akan sangat ampuh untuk mengatasi radang telinga luar secara aman dan alami.

16. Mengatasi Rematik

Rematik yang sering dialami orang usia lanjut ini biasanya akan menimbulkan rasa nyeri ringan sampai berat di area kaki dan keadaan ini akan mengganggu penderita untuk beraktivitas. Untuk mengatasi rematik, anda bisa minum air rebusan daun cocor bebek atau di konsumsi langsung sebagai sayuran atau lalapan.

17. Menyembuhkan Ambeien

Ambeien atau wasir bisa terjadi karena tekanan aliran darah di area sekitar anus yang akan menimbulkan rasa sakit, meradang sampai terjadi pendarahan.

Penderita ambeien akan merasakan rasa sakit serta mengganggu aktivitas khususnya saat sedang duduk. Untuk mengatasi ambeien, caranya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun cocor bebek atau mengkonsumsi bunga dari tanaman cocor bebek.

18. Menyembuhkan Bisul

Bisul yang terjadi pada permukaan kulit biasanya berbentuk benjolan kecil berwarna agak kemerahan dan pada bagian dalam benjolan tersebut terdapat cairan berupa nanah. Bisul ini bisa terjadi karena infeksi yang disebabkan bakteri dan memicu timbulnya inflamasi pada lubang rambut. Untuk mengatasi bisul ini, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi dau cocor bebek serta bunga cocor bebek dengan rutin sampai bisul kempis dan sembuh.

19. Mengusir Hama Tanaman

Apabila anda memiliki banyak tanaman kesayangan di halaman rumah seperti cabai, kemangi, jeruk dan berbagai jenis tanaman lainnya dan banyak dihinggapi hama, maka bisa diatasi dengan menyiram tanaman dengan air rebusan cocor bebek sebanyak 1 kali dalam sehari sampai hama-hama tersebut mati dan tidak hinggap kembali di tanaman anda.

20. Menyembuhkan Sakit Gigi

Sakit gigi bisa terjadi karena gangguan pada saraf di tempat gigi berlubang yang terjadi karena kuman serta bakteri yang berkumpul pada area tersebut.

Untuk menyembuhkan sakit gigi, haluskan 3 lembar daun cocor bebek segar lalu tempelkan langsung pada area gigi yang sakit dan bengkak dan diamkan beberapa saat sampai mengering. Apabila daun sudah mengering bisa diganti dengan daun cocor bebek yang baru. Lakukan cara ini secara rutin sampai sakit gigi bisa sembuh total.

Daun cocor bebek yang memiliki banyak kandungan gizi ini bisa digunakan sebagai pengobatan alami untuk menyembuhkan penyakit ringan sampai penyakit kronis.

Pastikan mengkonsumsi daun cocor bebek secara rutin sampai penyakit yang anda derita sembuh dan jangan menggunakan dosis yang terlalu berlebihan supaya khasiat cocor bebek bisa diperoleh.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *