SHARE

Rumah adalah tempat berlindung dari panas dan hujan. Bagi umat Islam rumah juga menjadi tempat mencari pahala menuju surga dengan melakukan ibadah dan amalan baik.

Tapi, bagaimana jadinya bila sudah beribadah di rumah tetapi tak mendapat pahala? Hal itu dikerenakan malaikat tidak masuk rumah. Lantas apa yang menyebabkan malaikat tidak masuk rumah?

Menurut ustad Fauzan Amin,

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia, ada beberapa benda dan makhluk yang menghalangi malaikat masuk rumah. Sehingga amalan baik dan ibadah yang dilakukan tidak tercatat dan menjadi tempat berkumpulnya iblis.

Ia menjelaskan, menaruh patung atau berhala termasuk yang dilarang. Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

لا تَدْخُلُ الْمَلائِكَةُ بَيْتًا فِيهِ تَمَاثِيلُ أَوْ تَصَاوِيرُ

“Para malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya terdapat patung-patung atau gambar-gambar.”(HR. Muslim no. 5545).

Kedua, menaruh gambar, dalam hal ini ulama berselisih pendapat. Hadits Jabir radhiallahu anhu, dia berkata,

نَهَى رسول الله صلى الله عليه وسلم عَنِ الصُّوَرِ فِي الْبَيْتِ وَنَهَى أَنْ يَصْنَعَ ذَلِكَ

“Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melarang adanya gambar di dalam rumah dan beliau melarang untuk membuat gambar.” (HR. At-Tirmizi no. 1671).

“Terakhir adalah memelihara anjing. Mengenai perkara ini, ulama juga nemiliki perbedaan pendapat. Imam Nawawi memperbolehkan jika tujuan pelihara anjing untuk keperluan berburu atau menjaga tanaman atau lainnya,” terang Ustad Fauzan.

 

sumber

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here