SHARE

 

Rambut bisa dikatakan hal yang paling utama kita perhatikan dalam tubuh ini. Selain kecantikan yang harus dirawat, ternyata mahkota ini pun nggak mau kehilangan perhatian juga lho.

Tenang, ada caranya nih yang perlu kamu praktekkan di rumah sendiri agar rambut kamu nggak rontok:

1. Tidak keramas menggunakan air dingin

Dibawah cuaca yang panas atau setelah berolahraga, keramas dan mandi menggunakan air dingin seringkali menjadi kebiasaan yang menyenangkan bagi beberapa orang.

Namun tahukah kamu bahwa ternyata hal ini bisa merusak rambut dengan mudah? Kerusakan ini terjadi karena pembuluh darah yang mengalirkan nutrisi pada rambut tersumbat ketika suhu pada kepala berubah drastis.

Rambut-rambut yang tersambung dengan saluran-saluran di kulit kepala ini akhirnya akan mudah rusak dan akhirnya rontok dalam jumlah besar.

2. Jangan berdiam di ruangan ber-AC setelah keramas

Alasan dibalik hal ini sama dengan orang-orang yang keramas dengan air dingin. Kulit kepala sangat sensitif dengan suhu udara yang berubah-ubah. Semakin suhu berubah drastis, rambut yang rontok akan semakin banyak.

Ketika kita ingin masuk ke dalam sebuah ruangan ber-AC setelah keramas, sebaiknya keringkan dahulu rambut kita dengan menggunakan handuk atau hair-dryer. Melindungi kepala dengan mengikatkan handuk pada kepala juga akan membantu.

3. Gosok shampoo sampai berbusa sebelum digunakan pada kepala

Tuangkan shampoo secukupnya di atas telapak tangan, gosok sampai berbusa, dan oleskan pada kepala dan rambut secara merata.

Jika langkah-langkah ini dilakukan dengan baik, kesehatan kulit kepala akan terjaga dan rambut yang rontok akan semakin sedikit.

Menggosok shampoo sampai berbusa sebelum digunakan akan menghindari zat-zat kimia yang menumpuk pada kulit kepala dan memudahkan kita untuk membersihkan shampoo tersebut secara menyeluruh.

4. Metode yang perlu diperhatikan saat keramas dengan shower

Keramas dengan shower tentu akan mempermudah kita untuk membersihkan kulit kepala. Namun ada beberapa hal yang diperhatikan supaya rambut yang rontok tidak semakin banyak.

Ketika kita keramas dengan shower, hindari berdiri langsung dibawah shower karena tekanan tinggi yang dihasilkan saat air tersebut keluar akan mudah merusak rambut dalam jangka waktu yang panjang.

Saat keramas dengan shower, sebaiknya kamu memposisikan kepala anda sehingga tengkuk anda terkena air terlebih dahulu. Selanjutnya biarkan air tersebut mengalir membersihkan seluruh kepala anda.

Akan lebih baik lagi jika anda bisa mengurangi kekuatan tekanan air yang keluar dari shower supaya rambut anda bersih secara menyeluruh secara perlahan-lahan.

Sumber

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here