Nyeri Haid Adalah Moment Paling Mengganggu Untuk Setiap Wanita Setiap Bulannya! Berikut Ini 20 Cara Alami Menghilangkan Nyeri Haid! Di Share Ke Temanmu Ya!

Posted on

Saat haid, para wanita pasti cukup terganggu dengan yang namanya nyeri perut di mana hal ini lumayan mengganggu aktivitas yang dikerjakan selama masa menstruasi.

Lalu, adakah kira-kira obat sakit perut saat haid yang bisa untuk Anda gunakan demi meringankan atau menghilangkan rasa sakit tersebut? Di bawah ini serangkaian rekomendasi 20 Cara Alami Menghilangkan Nyeri Haid:

1. Madu

Bila Anda ingin mencoba yang alami dan organik, madu adalah obat yang bisa memberikan kenyamanan pada perut Anda selama mengalami haid. Nyeri haid dijamin berkurang hanya dengan mengonsumsi madu murni ini. Jika tidak tahu bagaimana mendapatkan madu yang benar-benar asli, carilah cara membedakan madu asli dan palsu.

Madu ini bisa Anda konsumsi sebanyak 1 sendok makan yang dilakukan 3 kali dalam 1 hari selama masa haid dan selama rasa sakit perut masih ada. Baik Anda mengonsumsinya langsung atau dicampurkan ke dalam air putih itu terserah pada Anda. Selain untuk meredakan sakit perut, mengonsumsi madu juga adalah cara meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Kunyit Asam

Obat sakit perut untuk yang sedang haid juga adalah kunyit asam di mana memang paling sering dikonsumsi oleh para wanita haid. Kunyit asam mengandung sifat anti-inflamasi tinggi yang sangat baik dalam menjaga serta meningkatkan kesehatan tubuh pengonsumsinya.

Itulah mengapa anti-inflamasinya dipercaya mampu menghilangkan nyeri dan menyembuhkan luka.

Ketika haid, Anda bisa menggunakan kunyit asam dan mengonsumsinya bahkan mulai dari sebelum jadwal haid. Jamu kunyit asam adalah yang paling umum dan Anda bisa mencoba meminumnya secara rutin untuk membuat rasa nyeri berkurang secara efektif. Biasanya 2 hari atau 1 minggu sebelum masa haid bisa konsumsi sakit perut.

3. Bawang Putih

Sebagai obat banyak kondisi penyakit, bawang putih sangatlah mujarab, terutama dalam mengatasi kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, hingga penyumbatan pembuluh darah penyebab jenis-jenis penyakit jantung.

Tak hanya itu, bagi para wanita yang haid dan merasakan sakit perut, maka bawang putih merupakan jenis bumbu dapur yang baik untuk meredakannya.

Anda bisa secara langsung mengonsumsi bawang putih mentah atau membuat jus bawang putih lalu meminumnya. Selain menghilangkan sakit perut, jelas Anda juga bisa mengobati sakit gigi, bekas luka dan jerawat dengan penggunaan bawang putih tersebut. Hanya saja, perhatikan juga apa efek samping bawang putih sehingga tidak berlebihan dalam konsumsinya.

4. Temulawak

Sebagai obat asam lambung, temulawak sudah sangat terpercaya, namun beberapa dari kita pasti belum tahu bahwa temulawak juga baik dalam mengurangi rasa sakit perut ketika datang bulan. Bila Anda tak ingin menggunakan obat lainnya, buat sendiri obat nyeri perut ketika haid di rumah dengan temulawak sebagai bahan utama.

Anda bisa mencampurkan temulawak bersama dengan daun sirih karena keduanya sangat ampuh ketika menjadikannya sebagai jamu. Haluskan lebih dulu keduanya dan rebuslah secara bersama-sama dengan air matang.

Sesudah mendidih, saringlah dan air rebusan temulawak siap untuk diminum. Minumlah sebelum dan dalam masa haid, lalu rasakan efektivitasnya.

5. Kencur

Kencur merupakan bahan obat sakit perut lainnya yang bisa Anda pakai ketika sedang haid. Karena mudah dibeli di pasar tradisional, maka Anda tak perlu repot-repot. Sebelum mengolahnya, Anda bisa membersihkannya lebih dulu dan memarut kencur yang sudah disiapkan sebelum akhirnya merebus kencur.

Ketika sudah mendidih, angkat dan saring lebih dulu barulah air rebusan kencur siap untuk Anda minum selama masa haid dan selama sakit perut melanda. Selain baik untuk meredakan nyeri, Anda bisa memakai kencur ketika mencari obat batuk yang alami dan efektif. Karena tak berefek samping berbahaya, maka Anda bisa mencobanya tanpa khawatir.

6. Air Kelapa Hijau

Kalau biasanya air kepala hijau adalah obat alami dalam mengatasi masalah keracunan, kali ini Anda bisa menjadikannya sebagai obat pereda sakit perut saat haid.

Jika Anda bisa mendapatkannya dengan mudah, silakan mencoba mengonsumsinya setiap hari agar rasa sakit perutnya bisa berkurang dan teratasi dengan baik. Untuk penderita gatal-gatal karena alergi juga sangat ampuh.

7. Asam Jawa

Untuk membuat rasa sakit perut mereda, Anda bisa menggunakan asam jawa juga selama masa haid. Banyak yang belum begitu tahu bahwa khasiat asam jawa bisa mengobati nyeri karena haid. Ramulah dengan tepat dan Anda bisa merasakan sendiri manfaatnya yang efektif.

Caranya adalah menyeduh asam jawa secukupnya dengan air panas. Setelah itu aduk-aduk, barulah air ramuan asam jawa bisa Anda konsumsi secara teratur, terutama sebelum jadwal haid. Hal ini otomatis akan mencegah rasa sakit perut untuk datang, tapi sebenarnya Anda juga bisa menggunakannya ketika datang bulan dan perut sudah terasa nyeri.

8. Kunyit

Rempah lainnya yang bisa dijadikan obat sakit perut ampuh bagi yang sedang haid adalah kunyit. Selain mampu menjadi obat penurun darah tinggi, kunyit juga berkhasiat dalam meredakan rasa nyeri karena memang mengandung anti-inflamasi. Karena sederhana dalam pengolahannya jugalah, banyak orang kemudian juga memilih menggunakan ramuan herbal berbahan utama kunyit.

Dalam pengolahannya, Anda bisa coba menyiapkan bahan dan kemudian Anda bersihkan lebih dulu kunyit tersebut. Setelah kulitnya Anda bersihkan, parutlah beberapa ruas lalu masukkan air. Langkah selanjutnya adalah menyaringnya dan memerasnya, barulah setelah itu Anda rebus hingga gelembung seperti balon nampak. Sesudah mendidih bisa Anda minum secara rutin.

9. Lengkuas

Rempah satu ini bentuknya mirip dengan jahe namun ukurannya lebih besar dan karena mudah dalam membelinya, Anda tak perlu khawatir. Lengkuas memiliki efek alami yang bisa meredakan sakit perut selama masa haid. Dalam mengolahnya, Anda bisa jadikan lengkuas sebagai ramuan minuman sama seperti contoh rekomendasi ramuan obat lainnya.

Anda perlu menyiapkan lengkuas lebih dulu, barulah setelah itu Anda gepengkan, tapi pastikan bahwa sebelumnya telah Anda bersihkan. Setelahnya, tuang air hangat untuk menyeduhnya, barulah Anda bisa meminumnya secara teratur. Rasa nyeri di bagian perut akan terasa lebih baik tanpa adanya efek samping berbahaya, jadi boleh juga kalau Anda ingin mengonsumsi jangka panjang untuk kesehatan.

10. Pisang

Selain rempah-rempah, ada pula buah yang mengandung vitamin C untuk Anda pertimbangkan dan konsumsi untuk meredakan nyeri haid. Sakit perut saat haid memang cukup mengganggu, maka Anda perlu coba untuk mengonsumsi buah pisang yang kaya akan nutrisi. Selain mampu menjadi makanan penguat tulang, sakit perut juga dapat diatasi.

Ketika rasa nyeri datang tepat di hari pertama datang bulan, kandungan pisang yang Anda konsumsi akan membantu supaya rasa sakit perut tersebut bisa berkurang. Banyak-banyaklah mengonsumsi buah pisang, terutama sebelum jadwal haid karena hal ini bakal sangat mengurangi risiko sakit perut ketika hadi telah datang. Namun sangat efektif juga apabila dikonsumsi selama haid.

11. Jintan Hitam

Untuk menjadikan rasa sakit perut sewaktu haid lebih ringan dan sembuh, Anda juga bisa menjadikan jintan hitam sebagai obatnya. Obat alami ini tak hanya bisa meringankan nyeri perut, tapi juga nyeri di bagian pinggul. Anda bisa coba mengonsumsinya setiap hari selama sebelum hingga selama haid.

12. Biji Adas

Fungsi biji adas juga sama seperti bahan-bahan lain yang telah disebutkan di mana biji adas ini juga mampu menyembuhkan rasa nyeri di perut akibat kontraksi rahim sewaktu haid. Obat nyeri haid ini merupakan jenis herbal yang bisa diolah cukup dengan memasaknya dan setelah itu Anda saring. Minumlah secara rutin airnya selama haid.

13. Pulosari

Adas pulosari pasti pernah Anda dengar dan biasanya bentuk atau rupanya sangat unik di mana manfaatnya cukup beragam. Salah satu khasiatnya adalah sebagai obat sakit perut ketika haid di mana pengolahannya pun cukup sederhana tanpa harus berlama-lama atau repot.

Rebus saja adas pulosari ini hingga matang di mana kemudian airnya bisa Anda konsumsi hingga habis setiap kali sudah jadwal haid datang. Cara ini memang tak banyak yang pakai karena kebanyakan orang belum mengetahui seberapa efektif manfaat adas pulosari. Namun, Anda bisa coba membuktikan sendiri efektivitas dari khasiat yang ditawarkan.

14. Daun Srigading

Tanaman herbal lainnya yang baik untuk Anda gunakan sebagai obat nyeri haid adalah daun srigading di mana memang belum terlalu populer dan banyak orang masih asing dengan jenis daun ini. Namun jika Anda mengenal jenis daun ini dan mudah memperolehnya, boleh juga Anda mencoba meramunya untuk mengobati nyeri perut karena haid.

Daun berwarna hijau dengan bentuk seperti hati ini bisa Anda rebus seperti jenis daun-daun tanaman herbal lainnya. Setelah mendidih, airnya bisa Anda konsumsi selama masa haid dan selama sakit perut melanda. Selain untuk nyeri perut haid, Anda bisa menggunakan daun ini untuk masalah kesehatan lain, seperti rematik, sembelit, cacingan, penyakit kusta dan batuk.

15. Jeruk Nipis

Banyak orang menggunakan jeruk nipis ketika menikmati makanan berkuah seperti soto. Mungkin kebanyakan hanya tahu bahwa jeruk nipis hanya bisa dijadikan perasa sebuah makanan atau obat batuk. Namun sebetulnya jeruk nipis juga berguna dalam meringankan rasa sakit perut ketika para wanita tengah mengalami datang bulan.

Cara membuat ramuannya pun tergolong sederhana karena Anda hanya perlu memerasnya dan air perasan tersebut ditambah dengan sedikit air hangat maupun madu. Aduk-aduklah hingga rata dan ramuan tersebut bisa Anda minum hingga nyeri perut terasa hilang dan Anda merasa baikan. Konsumsilah sebelum atau selama haid untuk merasakan efektivitasnya.

16. Pepaya

Buah yang sering dikonsumsi ketika mengalami sembelit ini adalah jenis buah yang ampuh untuk Anda gunakan dalam menghilangkan nyeri perut sekaligus melancarkan haid. Anda bisa memakan buahnya langsung seperti biasa atau membuat jus pepaya. Mengonsumsi secara rutin pada masa haid akan membuat Anda jauh lebih baik nantinya.

17. Lidah Buaya

Semua orang pasti sudah tahu bahwa khasiat lidah buaya untuk kulit serta rambut adalah yang paling besar. Tapi lidah buaya tak selamanya hanya untuk rambut dan kulit karena pada dasarnya Anda bisa meminum air rebusan lidah buaya untuk mengurangi rasa sakit perut di masa haid. Bahkan air ramuannya akan membantu agar haid bisa lebih teratur.

18. Bayam

Jenis sayur ini bisa membantu Anda dalam memperlancar haid yang tak teratur sekaligus menjadi obat bagi rasa nyeri yang datang di perut Anda semasa haid. Cukup mengonsumsinya sebagai jus atau masakan sayur biasa Anda akan dapat merasakan manfaat besar yang ditawarkan oleh bayam ini.

19. Jahe

Dalam mengobati rasa nyeri di perut karena haid, Anda bisa mencoba merebusnya di mana sebelumnya harus dipastikan Anda telah membersihkannya lebih dulu. Potong-potonglah sesudah itu untuk direbus. Air rebusan tersebut bisa Anda gunakan dengan mengonsumsinya secara teratur. Bahkan untuk haid yang tak lancar, jahe dapat membantu melancarkan, tapi waspadai pula adanya efek samping jahe bila konsumsi berlebihan.

20. Biji Kedawung

Satu lagi rekomendasi obat herbal untuk sakit perut di saat haid, yakni biji kedawung yang berwarna hitam pekat. Rasa biji kedawung ini juga dikenal pahit, tapi dalam meramunya bisa Anda campurkan bersama daun sembung. Rebus kedua bahan dan air rebusannyalah yang Anda pakai sebagai pereda rasa sakit di perut.

Itulah sejumlah rekomendasi obat sakit perut saat haid paling alami. Silakan mencobanya dan Anda bisa rasakan sendiri efek baik dari obat tersebut. Jika bermanfaat tolong share ya!

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *