Mengejutkan, 1 Tahun Berlalu, Arya Bocah Penderita Obesitas Itu, Kini Kondisinya Beda Banget

Posted on

Nama Arya Permana sempat begitu jadi pemberitaan pada tahun 2016 lalu. Bagaimana tidak, Arya mempunyai berat badan tidak normal untuk bocah seusianya atau orang dewasa sekalipun.

Bocah yang mengidap severe obesity mempunyai berat badan 189.5 kg saat dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan pada pertengahan 2016 silam.

Kala itu usia Arya masih 10 tahun dan berat badannya masih terus bertambah. Padahal saat lahir, Arya mempunyai berat badan normal, yaitu 3.8 kg. Keanehan mulai terlihat saat ia menginjak usia empat ke lima tahun, berat badannya bertambah drastis.

“Pada umur 8 ke 10, naik 72 kg,” ujar ayah Arya, Ade, dalam konferensi pers di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung, Jawa Barat, Senin (11/7/2016) lalu.

Dilansir TribunJabar.co.id dari Kompas.com, pada 11 Juni dan 18 Juni 2015, Arya sempat berobat ke poli Gizi RSHS. Namun kala itu pasien meminta pulang guna mengurus BPJS dan baru kembali ke RSHS pada 2 Juli 2016.

Tidak tanggung-tanggung, dokter yang dikerahkan untuk mengurus Arya berjumlah 13 dokter spesialis. Terdiri dari spesialis gizi, anak, tumbuh kembang, kejiwaan, dan ortopedi.

Kala itu, kepala tim dokter yang menangani Arya, dr Julistyo TB Djaisn SpA(K) mengatakan pasien tidak memiliki komplikasi penyakit. Hal tersebut diketahui setelah melihat hasil pemeriksaan lab dan fisik.

Sebelum Arya mendapatkan penanganan medis, sang ayah menceritakan anaknya bisa makan empat kali sehari dan kerap mengonsumsi mi instan.

Permasalahan bertambah saat Arya kesulitan tidur. Saat mengalami hal itu, Arya kerap meminum minuman kemasan rasa jeruk.

Bahkan dalam kurun waktu 24 jam, Arya bisa minum hingga 20 gelas. Jika keinginannya tidak dipenuhi, Arya Permana akan menangis hingga berguling-guling.

Lebih dari satu tahun berlalu, bagaimana kabar Arya sekarang? Informasi terbaru seputar Arya dibagikan oleh binaragawan Ade Rai lewat sebuah postinga-an di Instagram @ade_rai, Jumat (3/11/2017).

Terlihat pada foto unggahannya, Ade Rai dan Arya sedang berada di sebuah tempat kebugaran. Tubuh Arya nampak tidak segemuk kala dirinya dirawat di rumah sakit tahun lalu.

Menurut keterangan unggahan yang ditulis Ade Rai, berat badan Arya kini turun menjadi 132 kg.

“193 kg to 132kg… Kamu bisa aryaa… !!

“Sehat bukan yg utama, namun tanpa sehat yg utama tdk bisa diraih.. sehat bukan tujuan, sehat adalah syarat”

Salut buat arya yg pelan2 turun berat badannya dan meningkat kesehatannya karena dukungan ayah ibu, keluarga, teman2, dokter, lingkungan, dan tentunya usaha dan niat utk kurus dari arya sendiri.

Semoga fitnessmania dan kita semua bisa belajar dan jadi saksi perjalanan arya ke arah sehat, serta menjadikannya sbg motivasi bagi kita semua.

Sehat selalu ya arya.. lanjutkan,” tulis Ade Rai.

Netizen pun ikut memberikan semangat kepada Arya melalui kolom komentar. Berikut beberapa di antaranya:

me_ismy01, “Wooowwww….jgn patah semangat y Arya…u bisa.’

setiabudi_51, “Semangat buat arya… Maju trus jngn menyerah.”

raya_derajat, “Kemajuannya signifikan banget. Salut buat Arya dan mas Ade.”

sintha_ginayani, “I CAN IMAGINE WHAT IF 60 IS ON HIM. THE TRULY AMAZING PRACTICE, Arya! LUV.”

arman_90, “HEBAT bgt de Arya Permana udah turun 60Kg… Salut buat om @ade_rai yg udah mau support & melatih Arya.”

Pertemuan Arya dan Ade Rai ternyata bukan di tempat kebugaran seperti pada foto saja. Mereka berdua pertama kali bertemu saat Ade Rai sengaja mengunjungi Arya yang masih dirawat di rumah sakit tahun lalu.

Dalam kunjungannya itu, Ade Rai berbagi ilmu seputar ilmu gizi hingga olahraga. Bahkan Ade Rai juga sempat mengajak Arya bermain playstation bersama.

Adapun kenang-kenangan yang diberikan Ade Rai saat itu berupa barbel dengan beberapa ukuran. Berikut foto-foto terbaru Arya Permana:

Sumber: tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *