SHARE

 

Wasir adalah penyakit yang paling sering ditemui tapi sulit untuk dibicarakan secara terbuka. Wasir dibagi menjadi tiga, wasir internal, wasir eksternal dan campuran.

Saat wasir internal dan eksternal terjadi secara bersamaan disebut dengan wasir campuran.

Penyebab pasti wasir masih menjadi pembicaraan hingga saat ini.

Sekarang ini teori dokter mengatakan, di sekitar anus diketahui memiliki banyak pembuluh darah. Wasir disebabkan karena adanya pembengkakan pembuluh darah di dalam atau sekitar bokong. Pembuluh darah tersebut membengkak sehingga dinding pembuluh darah menjadi liat, tipis dan sakit ketika terlewati feses atau tinja.

Alasan terjadinya pembengkakan adalah karena adanya peningkatan tekanan perut yang ekstrim. Faktor lain yang menyebabkan wasir adalah berdiri atau duduk terlalu lama, kurang tidur, kurang olahraga, kurang makan buah dan sayuran, wanita hamil, obesitas dan lain-lain.

Rata-rata penderita wasir sering mengabaikan atau tidak tahu bagaimana cara menceritakan keadaan ini sehingga membuat mereka telat mendapat penanganan.

Dan terkadang ketika sedang terjadi peradangan wasir, akan ada rasa sedikit gatal dan perih. Jika saat itu terjadi, beberapa bahan alami ini bisa membantu kamu untuk meredakannya!

1. Lidah buaya

Lidah buaya berfungsi sebagai anti inflamasi yang dapat meringankan rasa sakit dan gatal secara efektif.

2. Kentang

Kentang digunakan saat wasir berdarah. Karena kentang memiliki peran untuk mengatasi dehidrasi dan bisa mengurangi pembengkakan wasir.

Pertama potong kentang lalu dihaluskan menjadi pasta, kemudian oleskan pada bagian yang terluka. Setelah kentang kering, akan terasa efeknya.

3. Chamomile

Selain untuk teh, chamomile juga memiliki efek sebagai anti inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan wasir.

Chamomile dipanaskan terlebih dahulu kemudian biarkan dingin sejenak, setelah itu gunakan kain lap yang dicelupkan ke dalam air chamomile dan usap pada bagian yang bengkak.

4. Tea tree oil

Studi menunjukkan bahwa tea tree oil berfungsi untuk mengurangi pembengkakan wasir, namun karena konsentrasi tea tree oil sangat tinggi, diharuskan dicampurkan dengan minyak lain dulu baru diusapkan ke daerah yang bengkak.

5. Bawang putih

Gunakan 3 siung bawang putih dan 3 lembar daun salam, rebus dengan air mendidih selama 10 menit. Setelah dingin, usapkan pada daerah yang bengkak. Usapkan sehari 3 kali sampai bengkaknya reda.

6. Cuka apel

Rendam kapas ke dalam cuka apel, kemudian usapkan pada daerah yang bengkak.

7. Vitamin E

Wasir dapat terjadi biasanya karena daerah tersebut terlalu kering dan berdarah. Oleh karena itu, penggunaan sedikit vitamin E bisa membantu melembabkan daerah tersebut.

Tidak perlu merasa takut dan malu jika anda mengalami wasir, karena jika cepat mendapat perawatan medis maka wasir bisa lebih cepat disembuhkan.

Sumber

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here