SHARE

Sebagian ulama mengatakan bahwa sebelum kita tidur, jika kita ingin meningkatkan hubungan kita dengan Allah, maka kita harus melakukan empat perkara. Kita seharusnya tidak tidur sebelum mengurus 4 perkara.

Pertama
Kita harus memastikan bahwa kita tidak tidur kecuali kita telah menyelesaikan semua pertengkaran kita dengan orang lain.

Kedua
Kita harus memastikan bahwa sebelum tidur kita telah memenuhi semua kewajiban yang merupakan milik Allah s.w.t. Misalnya kita belum shalat Isya maka kita tidak boleh tidur dulu.

Ketiga
Kita tidak boleh tidur sampai kita bertaubat kepada Allah dan meminta Allah untuk mengampuni dosa-dosa yang mungkin telah dilakukan di masa lalu.

Keempat
Sebelum tidur kita harus memastikan bahwa kita telah menjelaskan segala hal yang harus diurusi apabila kita meninggal, entah itu menyangkut kekayaan kita, keluarga kita, dan sebagainya.

Misalnya, apa yang akan dilakukan sanak famili dengan harta kita kalau kita meninggal, apa wasiat yang harus mereka lakukan ketika kita meninggal, dan sebagainya.

Dan banyak dari kita yang menganggap bahwa ini tak masuk akal. Kita berpikir “Kenapa aku harus merencanakan kematianku sebelum tidur?” Tapi inilah keseriusan yang dibutuhkan untuk menjalin hubungan dengan Allah s.w.t.

Sumber

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here