SHARE

Buah Semangka rasanya manis dan dingin, banyak kandungan airnya dan sangat menyegarkan ketika kita memakannya, dan terkadang buah semangka ini oleh kaum wanita dijadikan sebagai pembersih wajah.

Disebutkan dalam kitab ath-Thib An-Nabawi (thibbun nabawi) karya Ibnu Qayyim Al Jauziyah dijelaskan bahwa buah ini merupakan salah satu buah yang dijadikan obat dan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam biasa mengkonsumsinya.

Dari Nabi shallallahu alaihi wasallam, bahwa beliau suka makan semangka dengan ruthob (kurma masak), beliau berkata, “Kita menetralkan panas ini dengan dinginnya ini, dinginnya ini dengan panasnya ini [ath-Thib An-Nabawi, Ibnu Qayyim]

Sifatnya yang dingin dan basah bisa membersihkan lambung, Lebih mudah dicerna dilambung dari pada timun dan sejenisnya. Bahkan juga mudah larut dalam unsur makanan lain bila bertemu dilambung.

Dimakan dalam keadaan panas (dimasak), amat bermanfaat sekali. Kalau makan dalam keadaan dingin, ada efek samping ringan yang bisa dinetralisir dengan sedikit jahe atau sejenisnya. Sebaiknya dikonsumsi sebelum makan, yakni segera diiringi dengan makan, kalau tidak, akan menyebabkan mual dan muntah.

Sebagian kalangan medis menyatakan, ”bila dikonsumsi sebelum makan dapat mencuci perut dan menghilangkan penyakit dalam lambung [Keajaiban Pengobatan Nabawi, Aiman bin Abdul Fattah]

Pada pengobatan tradisional Cina, semangka digunakan untuk melawan bentuk “summer heat” yaitu gejala penyakit yang ditandai dengan banyak keringat, rasa haus, suhu tubuh meningkat, warna urin jernih, diare dan mudah marah.

Buah atau jusnya  meringankan gejala-gejala tersebut, meningkatkan keluarnya urin, dan membersihkan ginjal. Biji rasanya manis, sifatnya netral. Berkhasiat peluruh kencing, menyehatkan ginjal, menyejukkan pada radang kandung kemih, dan melembabkan usus.

Kandungan Buah Semangka dalam 100gram:

–  Protein 0,9 gram.
–  Karbohidrat 11,6 gram.
–  Vitamin A 876 IU.
–  Vitamin C 12,5 miligram.
–  Kalsium (Ca) 10,8 miligram.
–  Magnesium (Mg) 15,4 miligram.
–  Fosfor (P) 16,9 miligram.

Pemakaian Buah Semangka untuk Pengobatan

Penghalus kulit dan penghilang flek hitam di wajah

Jemur kulit semangka secukupnya sampai kering, lalu digiling menjadi serbuk. Masukkan 2 sendok serbuk semangka tadi ke dalam jus yang dibuat dari sebatang lidah buaya dan satu buah mentimun ukuran sedang. Setelah diaduk rata, gunakan sebagai masker. Lakukan 2-3 kali seminggu, sampai kelihatan hasilnya.

Masker semangka:

Masker semangka menyegarkan kulit Anda dan mencegah dehidrasi. Tentu membuat kulit Anda indah, bersih dan kencang. cara meraciknya sebagai berikut:

  • Satu cangkir semangka potongan.
  • Setengah jeruk
  • Satu cangkir air

Masukan potongan semangka, jeruk dan air ke dalam blender untuk membuat jus. Setelah membuat jus, saring cairan ke dalam cangkir. Cairan tersebut adalah masker semangka Anda. Terapkan masker pada wajah setiap hari dan biarkan selama 10 sampai 15 menit.

Anda dapat mendinginkan masker ini selama empat sampai lima hari untuk digunakan setiap hari.

Toner semangka-mawar:

Toner ini baik untuk semua jenis kulit, membantu mencerahkan kulit. Toner semangka membersihkan kulit dari dalam sehingga mencegah dari jerawat dan noda. Air mawar bertindak alami sebagai penyegar sementara semangka efektif membantu dalam membersihkan kulit dari dalam.

Cara membuat:

Ambil sebuah nampan es kosong, campuran beberapa jus semangka dan air mawar lalu simpan dalam lemari es. Gunakan sekali sehari setelah membersihkan wajah atau setiap kali wajah terasa kusam agar segar.

Kencing Manis

Potong-potong kulit buah semangka (30 gr) dan jambu biji yang masih mengkal (1 buah), lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa segelas dan minum setelah dingin. Lakukan tiap hari 2-3 kali.

Rebus biji semangka (1 genggam) dengan 1 liter air sampai mendidih (45 menit) dalam panci tertutup. Setelah dingin, minum seperti teh. Lakukan setiap hari

Mengeluarkan cacing usus

Rebus dengan api kecil biji semangka segar (6 sendok makan) dengan 1 liter air (45 menit). Setelah dingin, disaring, dan diminum sehari 3 kali, masing-masing sepertiga bagian.

Insfeksi kandung kemih

Biji semangka direbus (2 sendok makan) dengan 3 gelas air sampai mendidih, selama 5 menit di dalam panci tertutup. Biarkan sampai dingin, lalu minum 3-4 kali sehari, masing-masing 1 sendok makan. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Tekanan darah tinggi

Makan buah semangka setiap hari sebagai buah segar atau jus. Sehari minum 2 gelas jus buah semangka.

Kulit buah semangka dan gambir masing-masing 30 gr, diseduh dengan air mendidih, kemudian diminum.

Tips tambahan menu Buah semangka untuk Bayi anda:

Bahan:

  • 150gr wortel, potong kecil
  • 200gr semangka, potong kecil
  • 150 ml jus jeruk
    2  sdm gula batu di masak dalam 50 ml air sampai kental

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan semangka, jus jeruk dan wortel jadi satu
  2. blender hingga halus, sajikan segera.

Semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan dishare.

Sumber

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here