Inilah Kenapa Kita Dianjurkan Minum Air Hangat Saat Bangun Tidur

Posted on


Saat bangun tidur di pagi hari, Anda dianjurkan untuk segera meminum air putih. Kebiasaan itu untuk menghindari tubuh dari kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi akan membuat kulit pucat, kering, dan pecah-pecah. Karena kecukupan air memainkan peran yang sangat penting untuk kesehatan Anda.

Tapi manakah yang sebaiknya Anda minum di pagi hari antara air dingin atau air hangat? Jawabannya adalah, air hangat akan lebih bagus untuk dikonsumsi saat Anda bangun tidur.

Menurut seorang ahli gizi klinis, Cassie Vanderwall, untuk mengawali hari sebaiknya Anda mengonsumsi air yang tidak terlalu jauh berbeda dengan suhu tubuh. Hal itu dapat menghindari Anda dari kelelahan sebelum melakukan aktivitas di pagi hari.

“Saat menelan atau mengonsumsi sesuatu yang suhunya berbeda dari suhu tubuh yakni sekitar 37 derajat Celcius, tubuh harus bekerja lebih keras,” kata Vanderwall seperti dikutip dari Liputan6.com.

Meski demikian banyak orang yang menganggap bahwa minum air dingin dapat membantu Anda lebih cepat kurus. Sebab air dingin yang masuk ke dalam tubuh dapat mempercepat pembakaran kalori. Hal itu memang dibenarkan oleh ahli nutrisi Leslie Bonci, namun dia menyebut jumlah kalori yang dibakar sangatlah sedikit.

“Jika Anda minum air dingin satu gelas mampu membakar delapan kalori. Berarti kalau minum delapan gelas air dingin ada pembakaran 64 kalori. Itu jumlah yang kecil,” ujar Bonci.

Terkait masalah menurunkan berat badan dengan meminum air dingin, beberapa orang malah mengatakan pendapat lain. Mereka menyebut bahwa air hangat lah yang berperan untuk menurunkan berat badan. Selain itu, minum air hangat di pagi hari juga memiliki segudang manfaat lain, di antaranya:

1. Melancarkan Buang Air Besar
Leslie Bonci menyebut bahwa orang yang memiliki masalah pencernaan sebaiknya mengonsumsi air hangat. Pasalnya air hangat akan terasa lebih nyaman di perut jika dibandingkan dengan air dingin.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 58 persen orang yang meminum air hangat memiliki siklus buang air besar yang lebih baik. Minum air hangat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan Anda.

2. Menurunkan Berat Badan
Sebuah penelitian yang dilakukan pada sekolompok wanita menunjukkan manfaat dari meminum air hangat.

Para wanita yang memiliki kelebihan berat badan itu mengalami penurunan berat badan setelah 8 minggu meminum air hangat secara rutin dan membantu mengurangi nafsu makan.

3. Membuat Rileks
Minum air hangat juga disebut dapat membuat tubuh merasa lebih rileks. Bahkan, rutin meminum air hangat dapat menghilangkan pegal-pegal pada badan yang disebabkan oleh masalah tenggorokan dan masalah pencernaan.

Pada dasarnya kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah meminum cukup air. Terlepas dari air mana yang lebih baik – air hangat atau air dingin – pastikan bahwa kebutuhan air dalam tubuh Anda telah terpenuhi.

Sumber: klikdokter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *