Ingat! Jangan Mandi di Jam-jam ini, Karena Berdampak Buruk Pada Kesehatan

Posted on

 

Hayo ngaku aja deh, ada nggak di antara kalian yang jadi males banget mandi kalo lagi liburan? Menjelang musim libur panjang kayak gini, kebiasaan mandi yang biasanya rutin dilakuin tiap hari akhirnya jadi nggak terjadwal dan nggak beraturan. Buat kamu yang sering kaya gini, hati-hati lho karena waktu mandi ternyata juga memiliki efek bagi kesehatan.

Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut, kondisi jantung sedang melemah sehingga beresiko menyebabkan kematian mendadak. Seperti dikutip dari Intisari-online, ini dia tiga waktu yang kurang tepat buat mandi.

30 Menit Setelah Waktu Ashar
Mandi setelah jam 15.00-an nggak disarankan karena pada saat itu kondisi darah tubuh sedang dalam keadaan panas. Sehingga, mandi pada waktu tersebut bisa mengakibatkan rasa lelah dan letih yang berdampak kurang baik buat tubuh.

Jam 18.00-19.00
Pada rentang waktu ini, kondisi jantung sedang melemah. Karenanya, kalo kamu mandi pada jam-jam ini, tubuh bisa kaget dan justru berdampak buruk buat kesehatan. Selain itu, mandi pada waktu ini dapat meningkatkan terjadinya resiko penyakit paru-paru basah.

Jam 19.00-24.00
Pada jam 19.00 atau setelah waktu isya’, jantung udah mulai beristirahat. Mandi pada saat itu akan menyebabkan terjadinya kerusakan jantung.

Bahkan, mandi pada rentang waktu ini juga menjadi salah satu penyebab utama penyakit reumatik. Jadi, mandi sesudah jam 19.00 hingga tengah malam memang nggak disarankan.

Akan tetapi, meskipun ada beberapa waktu yang kurang baik buat mandi. Bukan berarti justru kamu nggak mandi sama sekali ya. Selain ada waktu yang kurang tepat, ada juga waktu yang dianggap tepat buat kamu mandi.

Pagi Hari
Mandi pada pagi hari sangatlah disarankan karena air memiliki kandungan ozon yang tinggi. Sehingga tubuh kamu menjadi segar dan lebih sehat. Nggak hanya itu, mandi di pagi hari juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh loh.

Sore Hari – Waktu Ashar
Mandi setelah ashar memang nggak disarankan karena pada saat itu kondisi darah tubuh sedang dalam keadaan panas. Sehingga, mandi pada waktu tersebut bisa mengakibatkan rasa lelah dan letih.

Tetapi hal ini berbeda ketika kamu mandi pada waktu Ashar. Di waktu ini, tubuh kamu akan menjadi lebih segar dan bahkan dianggap mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, badan kamu nggak mudah terserang penyakit.

Udah tau waktu yang tepat buat mandi kan? Jadi selama liburan ini jangan lupa buat mandi ya!

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *