Hati-hati Memarkir Mobil, Sekarang Lagi Marak Pencuri Ban dan Pelek, Hanya Butuh 5 Menit Untuk Melepasnya!

Posted on

Berbagai macam metode akan dilakukan oleh orang-orang jahat yang ingin mendapatkan uang secara cepat. Maka tak jarang kita baca berita tentang aksiu pencurian, perampokan, dan yang serupa.

Jika pencurian mobil atau sepeda motor mungkin sudah sering kita melihat beritanya dan telah banyak korban dan banyak juga pelaku curanmor yang telah tertangkap.

Namun baru-baru ini kejadian pencurian semakin heboh, pasalnya pencuri hanya mengambil bagian ban beserta velg lengkap dengan baut-bautnya.

Seperti foto yang diunggah Taufik Gunawan ini memperlihatkan sebuah mobil toyota putih yang sedang diparkir di depan sebuah ruko. Sekilas terlihat tidak ada yang salah, karena mobilnya masih utuh.

Tetapi coba lihat ke bagian ban! Tak ada satupun ban yang tersisa. Keempat bannya hilang beserta velg dan baut-bautnya.

Pemilik mobil seorang ibu muda itupun dibuat bingung dengan ulah para pencuri ban mobilnya. Ia terlihat sedang memegang smartphone berusaha menghubungi anggota keluarganya.

Melihat postingan ini, seorang netizen bernama Lutfi membenarkan bahwa kejadian itu berada di Makassar tepatnya di jalan Rappocini.

Beberapa netizen lainnya merasa geram dengan aksi ini, Ada juga netizen yang berkomentar bahwa untuk melepas keempat ban mobil ini hanya membutuhkan waktu sebentar saja, tidak sampai 5 menit.

Gak sampe 5 menit ini, sewaktu masih kerja di Brunei sering kejadian” tulis Karyo dalam komentarnya.

Ada baiknya memang kita harus lebih waspada terhadap kendaraan kita supaya terhindar dari aksi pencurian. Berikut ada beberapa tips dari kami:

1. Parkir di tempat yang aman

Jangan sekali kali memarkirkan mobil di lokasi yang rawan aksi pencurian dan luput dari pandangan mata anda. Sangat disarankan anda memarkirkan mobil di lokasi tempat parkir resmi atau jika disekitar anda tidak ditemukan lokasi parkir, setidaknya anda memarkirkan mobil yang bisa kalian pantau dari jauh.

2. Memasang alat pengunci velg dan baut

Bila anda tidak menemukan parkiran mobil yang sekiranya aman dan harus meninggalkan kendaraan di lokasi yang anda sendiri ragu untuk memarkirkan mobil, kalian bisa memanfaatkan alat pengunci roda yang dilengkapi dengan penutup baut roda sehingga hal ini akan membuat pencuri menjadi kesulitan jika akan mencuri velg kendaraan sehingga mereka lebih memilih kendaraan lain yang dijadikan sasaran selanjutnya.

3. Mengganti baut standar dengan baut khusus anti maling ( lock nut )

Di beberapa toko variasi mobil biasanya menjual baut mobil yang didesain secara khusus, dimana dalam paket penjualannya selalu dilengkapi dengan kunci shock pembuka yang khusus pula. Jadi dengan anda mengganti mur roda dengan mur aftermarket anti theft ini, akan membuat si pencuri menjadi kesulitan untuk membuka mur pengikat velg.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *