Hati-Hati Kalau ‘Urin’ Kamu ‘Berbusa’ Apalagi Jika Sering! Ini Adalah Tanda Penyakit Serius.. Berikut Penjelasannya

Posted on

Pernah tidak kamu memperhatikan warna urin kamu sehabis buang air kecil, banyak orang mengatakan jika urin kita berbusa berarti ginjal kita bermasalah. Benar kah itu? Dalam artikel ini seorang dokter akan memberi tahu kamu cara yang benar untuk mengetahui kesehatan kamu!

Dokter Guo Yiting asal Taiwan akan menjelaskan bagaimana cara kita mengetahui adanya gangguan ginjal atau tidak. Sebenarnya muncul “gelembung kecil” pada urin bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan. Ini mungkin hanya terjadi sebagai akibat sewaktu buang air kecil dengan tekanan yang kuat.

Urin menjadi berbusa karena kelebihan udara yang terjebak ke dalam urin. Apalagi jika gelembung busa muncul ketika seseorang buang air kecil di pagi hari, Kondisi ini harus kita pahami bahwa di waktu pagi urin lebih terkonsentrasi dan dapat menyebabkan urin berbusa.

Namun, jika urin berbusa cukup sering, maka kamu perlu berkonsultasi dengan dokter dan mencari tahu apakah kadar protein dalam urine tinggi atau rendah.

Untuk memeriksa apakah urin berbusa karena bahan kimia atau beberapa masalah fisiologis, cobalah buang air kecil di sebuah gelas steril dan periksalah apakah urin masih berbusa. Jika busa masih tetap ada, sebaiknya lakukan urinalisis.

Salah satu penyebab paling umum dari gelembung dalam urin adalah proteinuria. Dalam keadaan normal, sejumlah kecil protein dilepaskan dalam urin. Kehadiran protein dalam urin dapat dikaitkan karena konsumsi makanan yang tinggi protein, seperti daging dan ikan.

Ketika kita mengalami kelebihan protein, kelebihan protein akan diekskresikan dalam urin. Namun, ketika sejumlah besar protein dilepaskan dalam urin, kondisi ini disebut dengan proteinuria.

Tidak cuma itu saja ginjal berkaitan erat dalam pembentukan urin. Kerusakan atau infeksi yang terjadi pada ginjal akan dihasilkan dalam bentuk pelepasan protein dalam urin. Kebocoran protein ini menyebabkan pembentukan gelembung saat buang air kecil. Tanda-tanda lain dari penyakit ginjal adalah kelelahan, kehilangan nafsu makan, dan tekanan darah tinggi.

Sekarang sudah tahukan tanda-tanda apa saja yang harus diperhatiakan, diingatkan kembali agar tidak usah panik jika muncul busa pada urine! Yuk, dishare-artikel bermanfaaat ini ya!

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *