SHARE

Ini adalah pengalaman pribadi seorang ayah. Dua tahun yang lalu di Bristol, Inggris, anak perempuan saya yang berusia satu tahun terserang flu dan segera membawanya ke dokter Setelah dokter memeriksa telinga, hidung, tenggorokan dan dadanya, kemudian menyuruh saya pulang dan memberinya air hangat dan istirahat.

Saya bingung dan bertanya mengapa tidak meresepkan obat?

Saya melihat dokter itu justeru lebih bingung dan menjelaskan, “Dua hari lagi periksa kembali, jika dalam dua hari tidak terjadi komplikasi, biarkan tubuhnya sendiri yang mengatasinya justeru dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.”

Benar saja, tujuh hari kemudian anak perempuannya pun sembuh dengan tanpa obat. Sebenarnya, dokter anak di Jerman akan memberikan pelajaran gratis kepada orangtua anak tentang tatacara perawatan anak di rumah sebelum ke dokter.

Mereka mengajarkan kepada orang tua anak beberapa cara mengatasi gejala demam ringan, sehingga dengan demikian bisa mencegah ketidaknyamanan dan memperburuk kondisi sakit si anak dalam perjalanan ke dokter, serta mencegah infeksi silang selama proses menunggu.

Dan yang lebih penting, dapat menghemat sumber daya medis yang besar. Salah satu pelajaran paling menarik dari dokter di Jerman adalah “Metode ikat penurun demam.”

Bagaimana caranya? Mari simak bersama beberapa langkah berikut ini:

Langkah 1:

Rendam dua potong handuk ke dalam air hangat dengan suhu mendekati suhu tubuh Anda, lalu peras sedikit, kemudian rentangkan.

Langkah 2:

Ikatkan satu persatu handuk itu ke kaki si anak, tunggu sekitar 20 menit kemudian lepaskan, dan lap keringkan kakinya dengan handuk kering.

Cara ini telah dicoba beberapa orang tua anak dan hasilnya terbukti efektif !

Sebenarnya, ini adalah terapi demam yang biasa diterapkan setiap ibu-ibu di Jerman.

Prinsip kerjanya, handuk hangat dengan suhu yang sesuai untuk kenyamanan si anak, dalam proses pendinginan handuk, perlahan-lahan menyingkirkan suhu tinggi tubuh, karena mudah, jadi terapi ini yang paling umum di Jerman.

Nah, bapak-bapak dan ibu-ibu, tidak ada salahnya cobalah “terapi penurun demam” ala Jerman yang sederhana dan alami ini ! Tidak baik sejak usia dini anak-anak diberi obat-obatan kimia.

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian.

Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam situs ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di situs ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here