SHARE

Suatu ketika ada bapa bapak yang naik motor didepan rumah saya dan mendadak berhenti, lalu saya perhatikan ia turun dan memghampiri saluran air yang kering hanya ditumbuhi rumput liar. Kemudian si Bapak itu memilih milih rumput kemudian dicabut, hingga terkupul satu genggam.

Sebelum ia melanjutkan perjalanan-nya saya menghampirinya lalu bertanya “Buat apa itu pak?” lalu bapak itu menjawab “ini mas untuk mengobati penyakit asam urat, selain itu bisa juga untuk mengobati Hepatitis & diabetes” terus itu namanya tumbuhan apa? ini meniran.

Ouw ternyata itu ya tumbuhan meniran yang katanya bisa dijadikan obat herbal menyembuhkan berbagai penyakit itu. Hmmm… baru tahu aku, padahal itu banyak saya jumpai disamping dan depan rumah saya, bahkan kalau sudah pada tinggi saya cabuti.

Tanaman Meniran ini sejenis rumput rumputan yang mudah sekali tumbuh di tanah dan pasir yang sedikit lembab sehingga mudah kita jumpai di kawasan persawahan, sekitar sungai, dan sekitar saluran air/selokan.

Seperti apakah tanaman meniran?

Dari segi karakteristiknya, tanaman meniran ini memiliki bentuk batang yang bulat. Biasanya jika di pegang, bagian batangnya tidaklah kering. Melainkan basah. Tinggi batang yang satu tanaman ini bisa kurang lebih Sekitar 50 centi meter.

Jika di lihat dari bentuk daunnya, memang seperti sirip sirip yang banyak. Jumlah dari sirip tadi antara satu batang dengan yang lainnya selalu sama. Karena memang genap. Pada setiap tangkai daun meniran, mempunyai jenis daun sirip yang majemuk atau banyak.

Selain karakter dari daunnya, anda juga bisa mulai mengidentifikasi dari sisi yang lainnya. Misalnya adalah melalui bunga. Baik itu keadaan bunga atau tata letak bunga. Tanaman meniran ini memiliki letak bunga yang ada pada bagian ketiak daun. Biasnaya menghadap ke arah bawah.

Manfaat dari tanaman meniran

Jangan salah sangka jika semua perut hanya baik untuk kaki. Karena sejatinya kita paling banyak melihat semak dan rumput di injak injak. Misalnya adalah saat melihat pertandingan sepak bola.

Karena tanaman meniran merupakan salah satu jenis tanaman semak yang penting dan berkhasiat. Sebab tanaman ini memiliki banyak kegunaan dan manfaat, terutama dalam bidang pengobatan dan kesehatan untuk berbagai jenis penyakit dan gangguan.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun meniran, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Mengatasi gangguan kencing

Khasiat daun meniran yang pertama yaitu mengatasi gangguan kencing atau buang air kecil yang tidak lancar. Kandungan senyawa dalam daun ini mampu menetralisir saluran kencing serta membersihkannya dari bakteri atau kuman.

2. Mengobati demam

Khasiat daun meniran untuk mengatasi penyakit salah satunya ampuh untuk mengobati demam. Daun ini cocok untuk diberikan kepada penderita demam yang suhu tubuhny tak kunjung turun dalam beberapa hari.

3. Anti hepatitis

Khasiat daun meniran juga ampuh untuk mencegah penyakit hepatitis. Penyakit yang satu ini bisa Anda cegah dengan menggunakan daun ini. Selain itu, tubuh Anda juga akan menjadi lebih kuat dari serangan penyakit tersebut.

4. Mencegah ayan

Khasiat daun meniran juga dapat mencegah salah satu gangguan kesehatan, yaitu penyakit ayan. Rebuslah daun ini dengan beberapa gelas air kemudian Anda minum air rebusan tersebut sekali teguk. Penyakit ayan pun tidak akan kambuh lagi.

5. Mengobati rabies

Siapa sangka jika daun kecil seperti daun meniran bisa mengobati penyakit yang diakibatkan oleh gigitan anjing, yaitu rabies. Caranya dengan mengonsumsi air rebusan daunnya bersama dengan air rebusan daun tempuyung dan sendok.

6. Mengatasi malaria

Cobalah untuk mengatasi penyakit malaria dengan cara herbal. Anda bisa merebus daun meniran dengan beberapa bunga cengkih dan juga kayu manis. Minumlah dengan teratur setiap hari untuk menyembuhkan penyakit malaria.

7. Obat asam urat

Khasiat daun meniran untuk mengobati asam urat didukung oleh kandungan alaminya yang cocok untuk menyehatkan urat di tubuh Anda. Daun serba guna ini akan menyehatkan tubuh penderita asma urat.

8. Mengatasi penyakit kuning

Penyakit kuning bisa diatasi dengan menggunakan daun meniran. Anda bisa mencampurnya dengan susu untuk mengatasi penyakit ini. Tidak hanya daunnya saja, Anda disarankan untuk menggunakan akar tanamannya juga.

9. Anti rematik

Penyakit yang satu ini dapat diatasi dengan daun meniran, yaitu rematik. Rematik menyerang tulang di tubuh Anda sehingga akan terasa nyeri. Daun berkhasiat ini akan mengurangi rasa nyeri tersebut dan meredakan rematiknya.

10. Mencegah diabetes

Kegunaan lain dari daun meniran adalah menjadi bahan herbal untuk mengatasi diabetes. Bagi Anda yang sudah didiagnosa terjangkit penyakit ini bisa mencoba rebusan air daun meniran untuk memgontrol kadar gula dalam darah.

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam situs ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya.

Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di situs ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here