8 Hal yang Bisa Dilakukan Suami Ketika Istri Hamil

Posted on

 

Sahabat Ummi, ketika istri hamil, seorang suami siaga akan turut bertanggungjawab menjaga dan merawat janin dalam kandungan sang istri.

Apa saja yang bisa dilakukan suami untuk membantu istri yang sedang hamil?

1. Sediakan Camilan Sehat
Awal kehamilan mungkin istri akan sering merasa lapar, tapi sulit menelan makanan. Bantu ia dengan menyediakan camilan sehat yang ia suka, tanyakan langsung apa yang ia ingin makan.

Ibu hamil biasanya tidak bisa dipaksa memakan sesuatu yang membuatnya mual dan tidak bisa ditelannya. Mengertilah dan tidak perlu memarahinya untuk makan.

Jus buah, roti, bubur, merupakan camilan yang mungkin masih bisa dikonsumsi oleh ibu hamil.

2. Memastikan Rumah, Kamar, dan Dirinya Sendiri Selalu Dalam Kondisi Harum
Bukan berarti perlu parfum dengan wangi menyengat yang justru membuat ibu hamil mual, cukup memastikan diri dan lingkungan sekitar tidak dalam keadaan bau, karena biasanya ibu hamil akan terangsang untuk mual dan muntah ketika mencium sesuatu yang bau.

3. Beri Istri Perhatian, Tidak Hanya Karena Sang Bayi
Banyak yang menjadi perhatian pada ibu hamil biasanya demi menjaga sang janin. Misalnya, “Kamu makan doong biar bayi kita sehat!”

“Jangan kebanyakan tidur nanti bayinya malas!”

“Kan sekarang sudah 5 bulan, kok kamu masih muntah-muntah sih, kasihan kan si dedek bayi kalau makanannya dimuntahin terus?”

Terkadang hal ini membuat ibu hamil sensitif dan merasa sedih, karena ia merasakan kepayahan luar biasa, namun perhatian yang diberikan hanya untuk sang bayi dan bukannya untuk dirinya.

Perasaan melankolis seperti ini perlu dipahami suami, hindari untuk membanding-bandingkan kehamilan istri dengan kehamilan yang Anda ketahui dari orang lain atau dari buku, karena memang pasti berbeda-beda.

Sayangi istri, tidak hanya demi kesehatan bayi, tapi juga demi kesehatan dirinya sendiri.

4. Kerjakan Tugas Rumah Tangga
Kehamilan adalah kerja keras, dan ibu akan merasa cepat lelah daripada biasanya. Bantuan apa pun yang dapat Anda berikan dalam mengerjakan tugas rumah tangga akan sangat dihargainya.

Berikan istri waktu untuk mengistirahatkan kakinya. Bergiliran menyiapkan hidangan adalah ide bagus. Membantu mencuci baju dengan mesin juga bukan ide yang buruk.

5. Berikan Pijatan
Kehamilan mengakibatkan rasa sakit dan nyeri di berbagai bagian tubuh serta otot yang kaku. Pijatan yang lembut dapat membantu istri bersantai dan menghilangkan ketegangan.

6. Biarkan Ia Tidur
Biarkan istri tidur lebih lama dan tidak perlu mencapnya sebagai pemalas. Bahkan setelah tidur lelap semalaman seorang ibu hamil bisa saja terbangun dengan merasa letih.

Jika Anda sudah punya anak, istri juga akan menghargai kesempatan tidur siang. Bawalah anak-anak bermain di taman atau berbelanja sementara istri beristirahat dan memulihkan tenaga.

7. Ajaklah Istri Pergi Bersenang-senang
Banyak wanita takut bahwa suami mereka tidak akan tertarik kepadanya selama masa kehamilan. Perlihatkan kepada istri bahwa Anda ingin menghabiskan waktu bersamanya dan bahwa Anda mencintainya, dan dia akan lebih mampu mengatasi beberapa ketidaknyamanan kehamilan.

8. Pastikan Anda Sering di Rumah
Jangan terlalu banyak bepergian meninggalkan istri yang sedang hamil, karena biasanya istri sangat membutuhkan kehadiran suami di sisinya.

Demikianlah beberapa hal yang bisa suami lakukan ketika istri sedang hamil. Semoga dapat dipraktekkan dan membantu istri untuk merasakan kehamilan yang nyaman dan menyenangkan.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *