5 Waktu yang Dilarang Untuk Tidur Menurut Islam dan Medis, Tapi Sering Kita Sepelekan

Posted on

 

Tidur adalah kegiatan yang sangat menyenangkan untuk memperistirahatkan tubuh kita yang kelelahan setelah seharian bekerja, namun ketahuilah kelima waktu ini dilarang untuk tidur dan salah satunya dapat mengakibatkan kita sakit jiwa.

Tidur merupakan kebutuhan semua manusia, setelah lelah bekerja paling menyenangkan adalah tidur, namun ketahuilah 5 waktu dilarang untuk tidur karena akan mengakibatkan jiwa dan pikiran semakin buruk.

Banyak orang yang masih kurang mempedulikan tentang waktu tidur yang baik. Dalam Islam ada beberapa waktu yang dilarang jika digunakan untuk tidur.

Dalam pembahasan kali ini, akan berbagi tentang waktu-waktu yang tidak diperbolehkan jika digunakan untuk tidur. Berikut pembahasannya secara lengkap:

1. Tidur Setelah Sholat Subuh Atau Tidur di Waktu Pagi
Karena tidur pagi dapat membahayakan kesehatan tubuh, dapat menyebabkan rasa malas dan tidak bersemangat melakukan aktifitas pada sisa harinya, tidak akan mendapat berkahnya pagi hari, dapat menghambat datangnya rezeki.

Selain itu, tidur pagi bukanlah termasuk akhlak dan kebiasaan para ulama salafus sholihin dan tidak sesuai dengan perintah dan petunjuk Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Ibnul Qayyim berkata, “Ada empat hal yang menghambat datangnya rezeki yaitu: tidur di waktu pagi, sedikit sholat, malas-malasan dan berkhianat“. (Zaadul Ma’ad)

Dampak negatif yang dapat ditimbulkan karena tidur di pagi hari terhadap kesehatan tubuh diantaranya yaitu: Dapat mengganggu masalah metabolisme tubuh, keadaan badan akan menjadi lemah dan lesu, serta akan menghilangkan waktu yang sangat produktif. Jika tidur terlalu lama maka akan kehilangan banyak waktu produktif dalam sehari.

2. Tidur Setelah Sholat Ashar Menjelang Magrib
Biasanya kalau kita tidur di sore hari yakni pada waktu ashar sampai menjelang magrib, akan membuat keadaan seperti linglung, pusing, badan sakit, dan justru seperti orang sakit.

Sebagian ulama mengatakan “Siapa saja yang tidur selepas waktu ashar sehingga terganggu kejiwaannya, maka janganlah ia mencaci selain dirinya sendiri“. Jika terlalu sering tidur di sore hari akan membuat jiwa atau pikiran semakin buruk.

3. Tidur Sebelum Sholat Isya’
Telah di riwayatkan oleh Abu Barzah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Bahwasanya Rasulullah membenci tidur sebelum shalat isya’ dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya“. (HR. Bukhari dan Muslim)

Beberapa ulama menjelaskan, sebab dibenci tidur malam sebelum isya’ adalah dapat memungkinkan ditinggalkannya sholat isya’ pada waktunya. Jadi, jangan tidur sebelum Anda melakukan ibadah (sholat isya).

4. Tidur Setelah Selesai Makan
Jika setelah selesai makan langsung tidur, maka proses pencernaan tidak berjalan secara maksimal sehingga akan menyebabkan ketidaksempurnaan dalam proses pencernaan. Karena tidur setelah makan juga dapat membahayakan kesehatan.

5. Tidur Sepanjang Hari
Tidak baik tidur sepanjang hari, kecuali dalam keadaan dan kondisi yang tidak memungkinkan seperti sakit. Terlalu banyak tidur juga tidak dianjurkan dalam Islam dan hukumnya makruh. Banyak tidur dapat mematikan hati, menimbulkan kemalasan, dan gangguan kesehatan tubuh.

Siapa yang suka tidur setelah sholat subuh? tidak menyangkal memang tidur yang paling nikmat itu tidur setelah sholat subuh. Tapi dibalik kenikmatan itu ternyata Rasulullah SAW. melarang untuk melakukannya, kenapa?

Naahh sudah tahu kan kapan wantu yang dilarang untuk tidur selain berakibat buruk untuk tubuh ternyata tidur dijam diatas dapat merusak kejiwaan

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *