SHARE

Sunan Kalijaga merupakan satu di antara sembilan wali yang ada di Pulau Jawa. Dia merupakan sosok penyebar agama Islam di Pulau Jawa.

Dakwah yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga merupakan dakwah yang menggunakan pendekatan kultural. Oleh karena itu, tidak mengherankan banyak orang yang saat itu menjadi pengikut Sunan Kalijaga.

Kharisma Sunan Kalijaga rupanya tidak bisa hilang begitu saja, meskipun dia telah wafat sejak berabad-abad lalu. Banyak orang yang berusaha melestarikan ajaran-ajaran yang pernah diterapkannya.

Sayang, kadang ada sejumlah orang yang tampaknya berusaha menyalahgunakannya. Bahkan, tidak jarang yang mengaku sebagai sosok atau orang yang merupakan jelmaan, atau keturunan dari Sunan Kalijaga.

Itu seperti yang terjadi baru-baru ini. Tepatnya, seperti sebuah video yang diunggah oleh akun Facebook Aldy Lazuardy, di Grup Surabaya Digital City, Senin (13/11/2017).

Dalam video itu, tampak seorang wanita sedang berdiri di sebuah tempat seperti dapur. Wanita itu memperkenalkan dirinya bernama Ianatul Muarofah Binti Ma’ruf.

Dia berasal dari Desa Salak, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. “Saya murid seorang wali. Guru saya bernama Kiai Syarif Hidayatullah atau Mbah Surip,”ucapnya.

Wanita itu melanjutkan, gurunya merupakan jelmaan dari Sunan Drajat. Sedangkan, kakek itu bernama Paat, dan merupakan jelmaan Sunan Kalijaga.

Dalam video yang berdurasi lebih dari 6 menit itu, wanita tersebut berbicara panjang lebar, dan tampak seperti orang yang sedang ceramah.

Namun, sekitar menit ke-5, wanita itu tampaknya mengucapkan sesuatu yang janggal. Wanita tersebut mengatakan akan adanya para wali, dan para nabi yang akan diturunkan di sebuah negara yang dianggap negaranya orang kafir.

“Dan para wali, para nabi akan diturunkan di masjid di Singapura,”ucapnya.

Hal itu kemudian membuat heboh netizen. Meskipun ada juga netizen yang dibuat salah fokus oleh hal lainnya. Yaitu karena adanya sesosok orang berkaus merah yang berulang kali muncul dalam video itu.

@Ririk Mumindiari,”Gagal fokus sm yg baju merah riwa riwi ono ae yg di bawa…tutup panci la…gelas la….koyok e cuek banget…ngga ngurusi yg bingung kenalin jati dirinya……ha…ha…ha,”

@E’And Ertho Andaru,”Sm yg baju merah cuek2 aja kayaky didapur apa tkw ya,”

@Yusie Shihab,”Kurang makan kembang karo dupo,”

sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here