SHARE

Kalian pasti pernah memakan di makanan kaki lima dan memesan es teh manis ataupun es jeruk. Namun, apakah es batu yang kalian tersebut dibuat dari air matang atau air mentah? Inilah cara mudah membedakan es batu air mentah dengan es batu air matang. Simak!

Es Batu Dari Air Mentah
Ternyata es batu yang terbuat dari air mentah terlihat berwarna putih layaknya susu. Hal tersebut dikarenakan masih banyak gas atau oksigen yang berada didalamnya.

Kebanyakan es batu yang terbuat dari air mentah ini adalah berupa es balokkan atau es dalam bungkusan plastik.

Es balok ini sudah pasti sangat berbahaya untuk dikonsumsi dan tidak baik untuk kesehatan. Apalagi bila air untuk membuat es batu ini diambil dari air sungai yang tercemar.

Es Batu Dari Air Matang
Sementara itu es yang terbuat dari air matang akan terlihat bening. Hal tersebut dikarenakan gas di dalam air terlepaskan ketika proses perebusan terjadi.

Selain itu ketika pendinginan terjadi sedikit gas yang terperangkap dalam es karena kandungan udara dalam air berkurang.

Es semacam ini biasanya disebut sebagai es kristal atau ice cube. Es kristal ini memiliki bentuk seperti pipa dan berlubang, selain itu sekarang ini sudah banyak dijumpai di berbagai restoran.

Es batu jenis ini aman dikonsumsi dan tidak beresiko memiliki kandungan bakteri didalamnya karena air yang dipakainya adalah air matang.

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here