SHARE

Selama dalam kandungan, janin terus bertumbuh hingga tiba waktunya ia lahir ke dunia. Di setiap fase kehamilan, ternyata ada hal-hal yang ditakuti oleh janjin lho! Yuk kita simak bersama-sama!

Usia kehamilan 1 bulan: takut akan panas

Di usia kehamilan kurang lebih 1 bulan, bayi paling takut dengan hawa panas. Para ibu sebaiknya menghindari lingkungan yang panas. Jangan pergi sauna, berendam air panas, dan terlebih lagi jangan sampai demam agar bayi tidak terkena penyakit sistem saraf.

Usia kehamilan 2 bulan: takut akan obat-obatan

Di usia kehamilan 2 bulan, ibu hamil biasanya mulai mengalami berbagai keluhan, seperti tubuh tidak bertenaga, suka makan makanan yang asam, dan lainnya. Namun demikian, ibu hamil sebaiknya tidak sembarangan minum obat untuk mencegah cacat bawaan.

Usia kehamilan 3 bulan: takut rokok dan alkohol

Di usia kehamilan 3 bulan, bayi mulai memiliki detak jantung yang kuat serta mengalami percepatan tumbuh kembang. Ada banyak ibu-ibu mulai mengalami pusing dan muntah-muntah, namun tidak perlu khawatir karena ini adalah hal yang normal. Beberapa orang berkata bahwa hal ini disebabkan karena konsumsi makanan dan minuman yang tidak baik, oleh sebab itu di usia kehamilan ini para ibu sebaiknya mengindari alkohol dan rokok, serta makanan yang terlalu berminyak dan manis.

Usia kehamilan 4 bulan: takut suasana bising

Di usia kehamilan 4 bulan, bayi mulai bisa 「berinteraksi」 saat diajak bicara. Perhatikan untuk menciptakan suasana yang tetap tenang dan nyaman bagi bayi, hindari suasana hiruk pikuk dan suara bising agar bayi bisa mengalami tumbuh kembang yang maksimal.

Usia kehamilan 5 bulan: takut gizi tak seimbang

Di usia kehamilan 5 bulan, rambut bayi mulai tumbuh. Di fase ini, ibu-ibu harus menjaga agar asupan makanan bertambah sebanyak kurang lebih 300 kalori setiap harinya.

Usia kehamilan 6 bulan: takut radiasi

Di usia kehamilan 6 bulan, seluruh organ tubuh bayi sudah mulai terbentuk dan peka terhadap suara dari luar. Di fase ini, ibu-ibu harus menghindari lingkungan yang berradiasi tinggi.

Usia kehamilan 7 bulan: takut ibu stress

Di usia kehamilan 7 bulan, bayi sudah mulai bisa membuka mata meski dalam waktu singkat dan sudah bisa menggerakkan tangan dan kaki. Di fase ini, bayi sangat mudah terpengaruh oleh emosi sang ibu. Tekanan/stress yang dirasakan ibu dapat mempengarhui perkembangan fisik serta mental sang bayi.

Usia kehamilan 8 bulan: takut ibu kelelahan

Di usia kehamilan 8 bulan, organ tubuh bayi telah terbentuk dengan sempurna. Di fase ini, ibu yang terlalu lelah dapat memberi pengaruh buruk pada kondisi bayi. Hindarilah olahraga dan pekerjaan rumah yang terlalu berat.

Usia kehamilan 9 bulan: takut ibu khawatir

Di usia kehamilan 9 bulan, tak sedikit ibu-ibu mulai dihantui kekhawatiran, mulai dari khawatir bayinya sewaktu-waktu lahir, khawatir apakah bisa melahirkan dengan lancar, khawatir apakah bayinya akan terlahir sehat dan lain sebagainya. Ibu-ibu yang khawatir seperti ini, bisa memilih untuk tinggal di rumah sakit agar bisa menanti waktu melahirkan dengan tenang.

 

sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here