SHARE

Memberi adalah sebuah kata luar biasa maknanya yang bisa dikaitkan dengan bentuk dari rasa keikhlasan, rasa ingin berbagi, dan rasa untuk membuat orang lain bahagia. Memberi atau bersedekah bisa dalam bentuk apa saja, misalnya memberi sumbangan ilmu pengetahuan, bentuk sedekah uang, bisa juga tenaga untuk meringankan beban orang lain.

Jika Anda banyak memberi, Anda tidak akan pernah merasakan kekurangan, justru akan lebih banyak mendapatkan. Apa yang Anda dapatkan dari memberi? Kebahagiaan tak ternilai harganya dari dalam hati. Lalu untuk apa kita kadang berfikir banyak hanya untuk membagikan nikmat yang Allah titipkan kepada kita untuk orang lain.

Ingatlah!, harta yang kita banggakan selama ini adalah hasil pemberian Allah, untuk apa kita masih merasa sungkan memberikan apa yang Allah berikan Kepada kita untuk orang lain.

Jangan Merasa Takut Ilmu Yang Kita Miliki Berkurang, Hanya Karena Diberikan Kepada Orang Lain

Mungkin banyak diantara kita menjumpai orang pandai, sukses dan terkenal. Namun ketika ditanya bagaimana detilnya hingga dia bisa meraih kesuksesan tersebut itu, dia cenderung menutupinya atau hanya membagikan sedikit saja.

Entah apa alasannya, mungkin karena takut tersaingi, takut lihat orang mengikuti jejaknya, atau takut ilmunya berkurang. Padahal Allah memberikan kita anugerah ilmu agar kita bisa menajdikan ilmu-ilmu itu bermanfaat untuk orang banyak, dan menjadi tabungan amal kelak diakhirat.

Jangan Khawatir Miskin, Hanya Karena Memberikan Sebagian Harta Yang Kita Miliki Kepada Yang Membutuhkan

Untuk apa merasa berat hati karena khawatir miskin, hanya karena memberikan sebagian harta yang kita miliki kepada orang-orang yang membutuhkan. Memberi adalah tanda bahwa Anda bersyukur sepenuhnya pada nikmat yang diberikan Allah.

Dari semua nikmat itu, tak hanya berupa materi, tetapi rasa syukur atas kesehatan Anda sehingga keberkahan itu bisa Anda nikmati, juga bersyukur kepada orang-orang yang mencintai Anda, yang selalu mendukung agar Anda bersemangat mengcari rezeki yang halal. Maka sedekah adalah salah satu ungkapan terima kasih atas segala nikmat yang sekarang Anda miliki.

Jangan Sungkan Untuk Memberi Bantuan Kepada Orang Lain, Hanya Karena Takut Orang Itu Tidak Akan Membalas

Pada hakikatnya orang yang memberi menjadi wakil Allah dalam mengasihi hamba-hambaNya. Anda tidak pernah tahu akan menjadi apa dan seberapa besar Anda membutuhkan bantuan orang lain di masa mendatang.

Dengan selalu memberi bantuan kepada orang lain, Anda akan menambah keluarga baru, teman baru, dan kerabat baru. Tidak akan ada yang tahu bagaimana kehidupan Anda ke depannya.

Kelak, jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan bantuan, tidak menutup kemungkinan ada orang lain juga akan membantu kesulitan Anda tanpa Anda sadari. Kalaupun tidak, Tuhan tidak pernah menutup mata bagi mereka yang ikhlas memberi.

Allah Menyuruhmu Memberi, Itu Artinya Allah Meminta Kembali Apa yang Telah Dititipkan Kepadamu

Masihkah kita merasa ragu untuk memberikan orang lain sebagian nikmat yang kita miliki, dan masih tetap merasa lupakah kita bahwa kenikmatan yang kita nikmati selama ini adalah titipan semata dari Allah?

Jika kita dianjurkan untuk saling memberi, saling membantu, itu artinya Allah hanya meminta kembali apa yang telah Ia titipkan kepada kita.

Ibarat seorang tukang parkir, haruskah dia marah ketika kita menitipkan mobil lalu beberapa jam kemudian kita mengambilnya kembali?. Tentu tidak bukan, karena ia sadar bahwa yang dijaganya adalah bukan miliknya.

Kita pun harus demikian, harus ikhlas dan berlapang dada jika diaperintah untuk memberikan sebagian yang Allah titipkan untuk orang lain.

Percayalah Bahwa Allah Akan Menitipkan Nikmat Yang Jauh Lebih Baik Untukmu

Secara kasat mata hukum memberi itu adalah hukum alam, sama halnya dengan adanya siang dan malam, laki-laki dan perempuan, sakit dan sehat, susah dan senang.

Begitu juga dengan memberi, jika saat ini kita memberi untuk orang lain maka suatu saat ada kalanya kita akan menerima. Ntah itu menerima dari orang lain ataupun dengan cara yang lain. Sebab, Allah adalah Dzat yang maha mengetahui segalanya. Allah akan membalas semua pemberian baik kita dengan yang jauh lebih baik.

 

sumber: humairoh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here