SHARE

Allah telah mangaruniai hati bagi setiap hambanya untuk menjadikan kedudukannya lebih mulia dari ciptaannya yang lain. Tetapi kita terkadang lupa untuk selalu menjaganya agar tetap bersih.

Kita tidak sadar akan tanggung jawab yang telah Allah Amanahkan terhadap kita. Padahal pada hati yang bersih akan tercipta jiwa yang bersih pula, hingga berlaku ikhlaspus akan bisa kita lakukan dengan mudah.

Karena engecek keadaan hati itu adalah cara kita mengenali sifat-sifat yang cenderung mengajak kita berbuat dosa dan kemaksiatan. Dan dengan senantiasa mengenali penyakit-penyakit hati seperti sombong dan iri dengki akan membuat kita lebih bernilai mulia.

Jika Kamu Merasa Besar, Perikasalah Hatimu Mungkin Ia Sedang Bengkak

Terlalu banyak orang merasa paling besar Hingga ia menindas yang kecil Merendahkan mereka yang fakir, Memperbudak bawahan sesuka hatinya. Sering memanjakan keegoisannya demi untuk memperlancar inginnya. Padahal periksalah keadaan hatimu mungkin ia sedang bengkak karena sifat tama’nya yang sedang menggrogoti.

Jika Kamu Merasa Suci, Periksalah Jiwamu Mungkin Itu Putihnya Nanah Dari Luka Nurani

Sering pula orang merasa dirinya paling bersih Menganggap orang lain lebih kotor dengan bersigigih Ia fikir ialah yang paling suci Hingga baginya pendapatnyalah yang paling benar.

Merasa sangat marah ketika pendapatnya tidak diterima oleh orang lain. Hingga tak urung kadang ia berbuat kotor dengan menjelek-jelekkan pendapat orang lain, agar pendapatnya diterima dengan mudah.

Namun, jika kamu merasa paling suci itu senantiasa kamu laukan, maka janganlah lupa untuk senantiasa mengenali jiwamu. Takut ada nanah yang keluar dari luka nurani yang disebabkan oleh dendam hati.

Jika Kamu Merasa Tinggi, Maka Periksalah Batinmu Mungkin Ia Sedang Melayang Kehilangan Pijakan

Nafsu adalah cobaan terbesar manusia, tak heran jika kita sebagai manusia sering melakukan khilaf. Tiba-tiba merasa dirinya paling tinggi diantara orang-orang disekitar.

Biasanya itu terjadi ketika kita memiliki segalanya. Seperti jabatan, kekuasaan, harta dan sebagainya, kita terkadang lupa untuk melihat orang lain walau hanya sekedar memberi senyuman padanya.

Tapi selalu ingatlah untuk memeriksa batin kita, takut kita sedang melayang kehilangan pijakan untuk kembali menjadi seorang hamba.

Jika Kamu Merasa Wangi, Maka Periksalah Ikhlasmu Mungkin Itu Adalah Asap Dari Amal Solehmu Yang Hangus Terbakar Riya’

Dan jika kamu merasa paling wangi diantara yang lainnya, karena menurutmu kamu sudah sering melakukan kebaikan, maka hendaklah kamu memeriksa ikhlasmu karena mungkin ada asap dari amal solehmu yang hangus terbakar karena tidak bisanya kamu menahan sifat riya.

Karena Hati, Jiwa Dan Rasa Ikhlas Akan Terasa Hilang Jika Tak Berpusat Kepada Allah

Silakan periksa hati, jiwamu dan ikhlasmu. Apakah ada selain Allah yang mendominasi hatimu untuk selalu merasa paling sempurna diantara manusia/makhluk lainnya.

Karena Bisa jadi benda/harta, pujian dari makhluk membuatmu selalu berharap keinginan duniawi. Padahal hati dan jiwa hanya tenang bila terpusat kepada Allah, kembali kepada-Nya dan pasrah kepada ketentuan-Nya.

Semakin penuh hati ini oleh ingat, dan yakin kepada semua janji dan jaminan Allah, serta semakin patuh. Maka dijamin semakin tentram hati ini.

 

 

sumber: humairoh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here