SHARE

Salah satu makhluk ciptaan terindah Allah adalah Wanita, memang sosok ini selalu digambarkan dengan ketenangan, kelembutan, penuh cinta dan kasih sayang. Apalagi jika makhluq terindah ini dihiasi oleh sifat bijaksana, karena wanita itu nampak berharga bukan karena penampilannya, tetapi ketika ia sanggup menerima diri apadanya.

Wanita yang bijaksana itu hanya akan fokus memperbaiki kekurangannya, ketimbang harus sombong memperlihatkan kelebihannya. Maka tak heran jika wanita yang mempuyai kebijaksanaan hati, pikiran, perilaku dan ucapan sering terkesan hati-hati, dan nampak terlihat anggun karena banyak orang yang mengaguminya.

Ketika Dia Membuat Kesalahan Kepada Orang Lain, Ia Tidak Sungkan Untuk Minta Maaf

Wanita yang memiliki sifat bijaksana, ketika ia melakukan kesalahan terhadap orang lain, ia tidak akan sungkan untuk selalu meminta maaf. Ia tidak akan mengenal kata gengsi untuk mengakui kesalahan yang telah ia perbuat.

Karena ia selalu menyadari akan makna hidup berkumpul dengan orang banyak, kesalahan kecil adalah suatu cara untuknya agar saling memperingati dalam menjalani hidup.

Ketika Orang Lain Yang Berbuat Salah Padanya, Ia Tidak Sungkan Untuk Memberi Maaf

Seorang wanita yang bijaksana sangat pintar dalam mredam emosi. Hal itu dibuktikan ketika ia terlibat konflik dengan orang lain, ia akan berusaha untuk tidak meninggikan suara walaupun orang lain yang berbuat salah padanya. Karena wanita bijak akan selalu berfikir sebelum berbicara dan bertindak.

Karena ia sadar, jika dirinya terlalu terjebak dalam kemarahan, dia tidak akan bisa berfikir jernih. Jadi ketika dia mendapatkan masalah, dia selalu tahu bagaimana cara untuk menghadapi hal tersebut.

Dia tahu cara meluangkan waktu untuk menenangkan diri dan meletakkan segala sesuatu dalam bentuk perspektif, hingga kemudian meninjau dengan cara berfikir yang jenih atau logis.

Dia Tidak Gampang Terpengaruh Dengan Perilaku Negatif Orang Lain

Wanita yang bijak selalu menyadari bahwa mereka selalu mengendalikan pikiran, perasaan dan tindakannya. Berbeda dengan wanita yang selalu membiarkan perilaku orang lain mempengaruhi dirinya untuk berbuat sesuatu yang negatif.

Yang terjadi, mereka membiarkan hal negatif tersebut (sudah terbiasa) mempengaruhi kehidupannya dan pada akhirnya mereka mengalami penderitaan.

Untuk wanita yang bijak, perilaku negatif orang lain hanya melewati pikirannya tanpa mempengaruhi sedikitpun. Kebijakannya selalu menjaga kebahagiaannya dengan tidak membiarkan dirinya mengubah kehidupannya menjadi lebih buruk karena ulah orang lain.

Selalu Bisa Memahami Situasi Dan Kondisi Orang Lain

Makhluk hidup tentunya tidak bisa lepas dengan bersosialisasi dan ketika berhubungan dengan orang banyak, kita harus bisa menyeimbangkan antara kepentingan pribadi dan kepentingan orang lain. Kita juga harus benar-benar perduli tentang kebutuhanmu sendiri.

Namun, kita juga harus bisa mengerti kebutuhan orang lain. Karena jika kedua masalah tersebut tidak bisa balance, mungkin kita akan banyak mengalami kesulitan dalam hidupm karena terlalu egois. Dan perlu di ingat, untuk dapat menyeimbangkan hal itu kita harus belajar dengan penerapan yang penuh dengan kerja keras.

Selalu Menggunakan Waktu Dengan Sebaik Mungkin

Wanita yang bijak itu harus mampu berfikir rasional, dan harus bisa menggunakan waktu dengan sebaik mungkin. Dia tak pernah mengenal istilah waktu yang tepat di dunia ini, karena yang ia tahu adalah “saat ini adalah waktu yang terbaik untuk melakukan sesuatu yang berguna untuk masa depan”.

Wanita yang bijak tidak akan menyia-nyiakan waktu sekarang untuk waktu nanti dan esok. Itu artinya tidak pernah menunda waktu untuk mau memperbaiki kekurangan dirinya.

 

sumber: humairoh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here