SHARE

Sifat-sifat buruk senantiasa menguasai diri manusia, dan bahkan rupanya ada 3 sifat dasar manusia yang bisa menjadi sumber dari segala dosa. Sifat yang nomor 3 rasanya paling banyak dimiliki oleh ibu-ibu.

Ibnul Qoyyim –rahimahullah- mengatakan, “Barangsiapa yang terbebas dari tiga sifat ini, maka dia akan terlindung dari segala macam kejelekan. (Ketahuilah), kekafiran itu berasal dari sifat sombong. Maksiat berasal dari sifat tamak. Sikap melampaui batas dan kezholiman berasal dari sifat dengki (hasad).”

1. Sombong

Yang disebut sombong bukanlah mengenakan pakaian bagus-bagus, akan tetapi sombong adalah perkara hati. Ketika kita memandang diri lebih baik dari orang lain, entah karena harta, jabatan, atau ilmu yang kita miliki, maka bisa jadi kita telah berlaku sombong.

Atau, ketika kita meremehkan orang lain karena kita menganggap kadar ilmunya rendah, hartanya lebih sedikit, jabatannya bukan siapa-siapa, kemudian kita menolak kebenaran yang disampaikannya, maka itulah sifat sombong yang sama seperti yang dimiliki Iblis:

Dari ‘Abdullah bin ‘Abbas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia,” (HR. Muslim).

2. Tamak

Segala maksiat berasal dari sifat tamak atau rakus. Melihat gambar porno, mencicipi minuman keras, selingkuh, meminta pertolongan dukun dan jimat, semuanya kebanyakan bersumber dari sifat rakus yang senantiasa merasa kurang dan kurang.

Sudah punya istri, masih mau selingkuh. Sudah punya rumah, mau yang lebih bagus akhirnya melakukan penipuan dalam berbisnis. Astaghfirullaah.

3. Hasad atau Iri
Seperti yang dikutip dari ruangmuslimah.co, Inilah yang biasanya banyak menjangkiti ibu-ibu. Melihat tetangga ada mobil baru langsung deh iri. Melihat postingan sosial media orang lain langsung deh baper.

Ada orang-orang yang menghilangkan kenikmatan orang lain hanya karena merasa hasad dan dengki. Naudzubillah mindzalik.

Semoga Allah menolong kita dari 3 sifat buruk sumber segala dosa tersebut

 

sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here