Ada 4 Jenis Alat Pembantu Menstruasi Wanita yang Patut Kamu Ketahui

Posted on


Selama ini, rata-rata orang Indonesia hanya mengetahui satu jenis pembalut. Entah itu bersayap, tanpa sayap, ataupun lebar besar yang bisa digunakan saat malam untuk tidur.

Namun sebenarnya, ada berapa jenis sih pembalut itu? Apakah semua aman digunakan wanita?

Pembalut

Ini adalah jenis yang paling terkenal di masyarakat Indonesia. Untuk mendapatkannya pun gampang, karena tersedia di semua supermarket.

Penggunaannya pun mudah, baik saat dipakai maupun saat dibuang. Namun beberapa instansi sudah mengumumkan bahwa tak semua pembalut ini aman digunakan dan bisa menyebabkan kanker rahim.

Menstrual Cup

Produk yang satu ini diciptakan untuk keamanan dan kenyamanan para wanita. Bentuknya seperti corong dan terbuat dari karet silikon. Fungsinya untuk menampung darah tanpa takut akan risiko tembus dan basah.

Menstrual Cup dapat digunakan selama delapan jam dengan nyaman. Namun darah yang tertampung tidak bisa sembarang dibuang. Sebelum digunakan juga harus dicuci bersih agar tidak terjadi infeksi.

Tampon

Jenis satu ini lebih banyak digunakan oleh wanita luar negeri. Bahannya sama seperti pembalut, bahkan beberapa juga dilengkapi dengan gel dan obat anti-kram saat menstruasi.

Tampon diletakkan di dalam Miss V, dekat dengan mulut rahim. Penggunaan benda ini sangat mudah.

Bentuknya tidak terlihat dari luar, dan kamu bisa melakukan aktivitas tanpa hambatan. Namun karena berbahan sama seperti pembalut, maka tampon juga dapat membahayakan rahim.

Menstrual Pad

Jenis yang satu ini bisa dicuci dan dipakai berulang-ulang. Hal itu karena dibuat dari bahan kain lembut (microfiber) dengan lapisan luar berbahan polyester sehingga tidak ada yang tembus.

Jenis ini juga dilengkapi kancing supaya lebih kuat. Menstrual Pad berbentuk sama seperti pembalut wanita pada umumnya, penggunaannya juga lebih aman dan ramah lingkungan.

Namun lebih ribet saat pembersihannya karena harus dicuci dengan baik agar tidak menimbulkan kuman. Harganya juga jauh lebih mahal daripada pembalut wanita pada umumnya.

Nah kalau dari penjelasan di atas, kira-kira kamu bakal memilih ya mana? Yang sehat, nyaman, mudah, atau mungkin murah?

Sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *