4 Alasan Bekerja di Rumah Itu Ternyata Lebih Susah, Plus Solusinya

Posted on


Sudah pernah mencoba usaha sendiri di rumah? Banyak yang bilang bisnis sendiri itu enak karena waktunya fleksibel dan cukup di rumah saja.

Padahal, ternyata setelah dijalankan, baru deh ketahuan bekerja di rumah nyatanya lebih menantang. Kok begitu? Ya, berikut ini 4 alasan mengapa bekerja di rumah sebenarnya bisa jadi lebih susah, plus solusinya:

1. Terlalu Fleksibel, Cenderung Malas
Saking fleksibel waktunya, beberapa orang malah jadi mager ketika memutuskan berbisnis alias bekerja dari rumah. Solusinya? Buatlah target harian dan jobdesk harian yang jelas, pastikan selalu melakukan introspeksi tiap harinya.

2. Tidak Fokus Karena Ada Anak
Untuk yang sudah punya anak, satu kesulitan lagi ketika bekerja di rumah adalah tidak fokus karena ada anak. Bagaimana pun anak lebih prioritas dan lebih menarik untuk dimainkan daripada pekerjaan kita. Sehingga banyak yang kelimpungan membagi waktu.

Siapkan ruang khusus untuk bekerja, juga jam kerja khusus tiap harinya. Di jam tersebutlah kita masuk ke ruangn khusus tersebut untuk bekerja tanpa ‘gangguan’ anak.

Beri pengertian pada anak bahwa ayah/bunda tidak boleh diganggu pada waktu tersebut karena harus bekerja.

3. Terlalu Sibuk Bekerja, yang Lainnya Keteteran
Bekerja sendirian dari rumah biasanya tidak langsung memiliki sistem yang baik, sehingga harus ada trial error terlebih dulu dan sering kali perlu memakan banyak waktu, bahkan bisa jadi kurang tidur atau menelantarkan pekerjaan rumah.

Solusi: Bentuklah tim yang bisa membantu handle pekerjaan.

4. Anak Atau Keluarga Merasa Tidak Diperhatikan
Ketika orangtuanya ada di hadapan mereka tapi asyik dengan laptop atau gadgetnya sendiri, biasanya anak atau anggota keluarga yang lain akan merasa tidak diperhatikan.

Bisa jadi bagi mereka lebih baik orangtuanya pergi bekerja ke luar rumah, daripada di dalam rumah tapi mengabaikan keberadaan mereka.

Solusi: Beri pemahaman pada anak mengenai bisnis yang sedang ayah/bunda bangun saat ini.

Semoga bermanfaat dan bisa dipraktikkan.

Sumber: ummi-online.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *