SHARE

Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan yang sedang sakit mungkin kamu harus tahu apa saja tanda kucing akan mati supaya setidaknya kita sebagai pemilik kucing bisa memberikan perawatan yang maksimal sebelum kematian menjemputnya.

Nah, ada beberapa pemilik yang tidak tega melihat detik-detik kematian kucing (sakaratul maut) sehingga ia lebih memilih untuk merawat kucing sampai akhirnya mati.

1. Kucing Menjadi Pasif
Jika kucing sudah mendekati kematianya atau sedang dalam kondisi sakit yang sangat parah maka kucing kamu hanya bisa berbaring saja dan tidak bergerak seolah-olah sulit menggerakkan badannya. Nah, ini tanda bahwa kucing akan mulai mengeras dan kaku di seluruh tubuhnya.

2. Kucing Tidak Bersuara
Kucing tidak bersuara juga salah satu tanda ia mendekati kematian, tenaga kucing menjadi sangat lemah yang membuat ia sangat sulit untuk mengeluarkan suara.

Ada juga ia mengeluarkan sesekali suara ckup keras dan biasanya karena rasa sakit yang ia alami menjelang kematianya. Namun, jika suaranya semakin mengecil maka kematiannya sudah semakin dekat.

3. Penurunan Suhu Badan dan Denyut Jantung
Kucing memiliki suhu rata-rata 36 derajat celcius dan akan semakin menurun jika sudah mendekati kematian, denyut jantungnya pun juga semakin lama semakin melemah. Untuk denyut jantung biasanya semakin tidak teratur sebelum akhirnya benar-benar tidak berdenyut lagi.

4. Perubahan Karakter
Kalau kucingmu memang sudah terbiasa mudah untuk dipegang, mungkin saja kucingmu berubah menjadi pemarah dan tidak mau dipegang karena sedang kesakitan.

Ada kasus lain, bisa saja jika kucingmu biasanya mandiri dan sering keluar, sekarang jadi selalu mencari perhatian dan ingin ditemani kamu.

5. Bersembunyi
Kucing yang sudah tahu bahwa ia akan mati. Biasanya si kucing yang sedang sakit akan mulai mencari tempat yang dianggapnya sangat nyaman, kadang bisa sangat jauh dari pemiliknya jika kucingmu biasa keluar rumah.

Kucing akan mencari tempat yang memang benar-benar tidak panas, teduh atau mungkin gelap. Bisa saja di bawah kendaraan, dibawah tanaman, dibawah eternit, di bawah kasur, di bawah kursi, atau bahkan di gudang kamu.

6. Perubahan Pola Makan
Kucing yang sedang sakit atau bahkan sekarat sampe tidak mau makan dan minum, bahkan sampe diberi makanan kesukaanya pun tetap tidak mau makan.

Jika kucingmu tidak mau makan 2-3 kali jadwal makan secara berurutan, coba kamu bawa ke dokter untuk diperiksa agar kucingmu tertolong.

7. Perubahan Penampilan
Kucingmu juga bisa berubah wujud menjadi lebih kusut dari biasanya serta tidak punya energi untuk grooming sendiri. Jika kucingmu akan mati, biasanya matanya terlihat seperti buta, artinya dia sedang mengalami kejang-kejang atau sakaratul maut.

8. Kejang-kejang
Tanda-tanda kucing akan mati lainya yaitu kejang-kejang atau sekarat. Ini memang sangat menyedihkan jika kamu melihat hewan peliharaan kamu akan mati, jadikan alasan kamu yang kuat untuk mulai mempersiapkan tempat yang aman serta nyaman untuk kucing kamu.

Karena kejang bisa membuat kucingmu terlihat seperti kaku serta tidak nyaman, dan bisa melukai dirinya sendiri tanpa ia sadar. Kejang ini biasanya akan terjadi beberapa jam sebelum kematianya.

9. Nafas Tidak Beraturan
Kucing kamu juga bisa kapan saja bernapas secara keras atau sampe berbunyi. Dan ini mungkin terjadi kucing kamu membuka mulut serta mengeluarkan lidahnya.

10. Menghilangkan Jejak
Tanda lainya kucing kamu akan mati yaitu pergi tanpa ada yang tahu. Nah ini bisa mengetahuinya lebih awal, maka dari itu kamu juga harus siap mental untuk kehilangan hewan peliharaan kamu dan pastinya itu sangat membuat kamu sedih dan kecewa.

Mengucapkan selamat tinggal memang tidak pernah menjadi hal yang mudah untuk kalian pecinta kucing yang memang sudah menemani hari-hari dan menjadi anggota keluarga kalian. Tetapi ini bisa saja merupakan sesuatu yang patut disyukuri.

Jika kamu mengetahuinya lebih awal, kamu bisa membuatnya lebih nyaman dengan menemani serta mengungkapkan betapa kamu menyayanginya, dengan mengelusnya lembut, dan ada diana ketika ajal menjemput kucing kesayangan kamu.

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here